Batik Masyarakat Indramayu

0 163

Batik Masyarakat Indramayu

Para seniman batik di Indramayu saat ini telah mengembangkan berbagai macam motif batik yang mereka miliki baik itu berasal dari sebuah motif batik baru, atau bisa juga membuat Motif Batik yang berasal dari Batik Tradisional dan juga merupakan Motif Batik modern. Keindahan Motif Batik Indramayu saat ini juga bertambah dengan Motif Batik Abstrak yang mereka ciptakan yang merupakan Motif Batik yang muncul dari perkembangan antara Motif Batik tradisional ke Motif Batik Modern. Dalam Motif Batik Indramayu ini tidak banyak memiliki makna dan juga nilai filosofis seperti yang ada pada Motif Batik Pesisir pada umumnya.

Para seniman Batik Pesisir ini umumnya hanya membuat Motif Batik seperti layaknya mereka menggambar dan tidak memiliki kandungan makna dan juga filosofis seperti yang dibuat oleh para seniman Batik Keraton yang memiliki banyak makna dan juga tujuan untuk membuat Motif Batik tertentu seperti untuk keluhuran dan juga kebaikan nilai hidup. Motif Batik yang dibuat oleh para seniman Batik di Indramayu ini memang lebih bermain kepada keindahan motif dan juga penggunaan warna batik yang cerah yang membuat batik buatan mereka menjadi sangat menarik di mata konsumen.

Batik merupakan sebuah produk yang mereka jual belikan dan merupakan sebuah komoditas yang dibuat untuk dapat memenuhi dan juga mengikuti selera masyarakat luas. Selain itu pada umumnya kain dan baju batik yang dibuat di wilayah pesisir seperti di daerah Indramayu ini dibuat dalam waktu yang singkat dan cepat sehingga dapat segera sampai ke konsumen batik. Batik dari daerah Indramayu ini penjualannya telah berhasil juga menembus pasar internasional selain juga telah dipasarkan di berbagai wilayah di Indonesia. Hasil karya batik para seniman di daerah ini pada umumnya akan dijual dan dipasarkan di beberapa negara timur tengah dan juga dapat ditemui di daerah eropa seperti di negara Inggris dan juga dijual di negara Perancis.

Source Batik Masyarakat Indramayu Batik
Comments
Loading...