Batik Masagi Khas Sukabumi

0 304
Batik yang berasal dari Kota Sukabumi mengangkat potenti alam, fauna dan cerita dongeng sunda di untuk dijadikan motif batik. Contoh batik kota Sukabumi yaitu batik Sukabumi Masagi Batik kota Sukabumi yang terinspirasi dari lingkungan Kota Sukabumi itu sendiri dan erat kaitannya dalam kehidupan masyarakat Kota Sukabumi. Batik telah tumbuh sejak puluhan tahun silam di Sukabumi. Keberadaannya mulai meredup seiring dengan terputusnya penerus pengrajin batik di daerah tersebut. Namun memasuki tahun 2011, usaha batik di Sukabumi kembali bergeliat. Kini, Sukabumi tidak hanya dikenal sebagai Kota Mochi, tapi lambat laun dikenal sebagai kota batik.

Batik Masagi

Batik Masagi memiliki arti setiap manusia harus memiliki banyak kemampuan. Ada sebuah ungkapan dalam bahasa sunda “hirup mah kudu masagi” yang berisi hidup harus serba bisa. Masagi berasal dari kata persegi yang mempunyai ciri adalah keempat sisinya berukuran sama.
Filosofi batik Masagi adalah bahwa setiap manusia harus memiliki banyak kemampuan dan tidak ada kekurangan, dengan bentuk persegi yang memiliki sisi yang sama diibaratkan sebagai aspek dalam bentuk tindakan atau perbuatan di dalam kehidupan harus sama dengan kualitas dan kuantitas. Sehingga terciptanya kesempurnaan perbuatan dan perilaku dalam hidup. Memiliki banyak kemampuan dilakukan dalam arti positif dengan penekanan utama pengarahkan kepada dua aspek yaitu kehidupan duniawi dan kehidupan akhirat nanti sehingga menjadikan setiap manusia bisa menjadi penerang dalam kegelapan, menjadi teladan yang baik dan jujur. Agar bisa berharga bagi setiap manusia lainnya.
Source Batik Masagi Khas Sukabumi Filosofi
Comments
Loading...