Batik Maos Asal Cilacap Dipopulerkan

0 179

Batik Maos Asal Cilacap Dipopulerkan

Batik yang berasal dari Maos, Cilacap dengan keindahan motif dan kekayaan akan maknanya, ikut memeriahkan karnaval Pesta Batik Indonesia 2017, di Jakarta. Karnaval yang digelar bersamaan dengan car free day tersebut diselenggarakan Yayasan Batik Indonesia serta didukung PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) dan Sarinah. Para peserta karnaval menempuh jarak hampir 4 kilometer mulai Jalan Jenderal Sudirman dekat Hotel Grand Sahid Jaya menuju Sarinah, Thamrin.

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan pada kesempatan itu, pihaknya mengajak salah satu UMKM mitra binaan BNI, yaitu Batik Maos Rajasa Mas. “Kita ingin memperkenalkan batik maos pada generasi muda agar batik maos selalu lestari. Hari ini kami membawa 10 inspirasi motif dan gaya dari batik maos yang dikemas modern tanpa menghilangkan nilai esensi batik. Melalui acara ini kami memperlihatkan batik maos itu indah dan mudah dipadupadankan mengikuti tren saat ini,” katanya.

Batik Maos khas Cilacap muncul pada abad ke-18. Batik itu mengandung makna dan sejarah yang dalam karena menampilkan sandi perang laskar Pangeran Diponegoro. Pembuatannya menggunakan teknik pewarna alam.

Di Kabupaten Cilacap sendiri sentra Batik Maos ada di Kecamatan Maos dan dikelola Euis Rohaini bersama suaminya Tonik Sudarmaji di bawah naungan usaha Batik Maos Rajasa Mas. Hingga kini, hampir 80 perajin batik bergabung dalam usaha batik yang dibangun dari 2008 tersebut. Euis menuturkan produk batik tulis tradisional asli Cilacap itu cukup diminati para kolektor batik di Asia Tenggara, Korea, Jepang, dan Eropa.

Source http://www.mediaindonesia.com/ http://www.mediaindonesia.com/news/read/125136/batik-maos-asal-cilacap-dipopulerkan/2017-10-02
Comments
Loading...