Batik Mantyasih Magelang

0 278

Batik Mantyasih Magelang

Ciri khas dari batik khas Magelang dibandingkan dengan batik daerah lain sangat jelas terletak pada motif-motifnya. Motif batik khas Magelang diambil dari nama-nama kampung bersejarah di Kota Magelang, seperti Batik Mantyasih yang tidak ada di daerah lain. Selain motif, batik khas Magelangan juga memiliki ciri khas dari penggunaan warnanya yang cerah dan berani, namun tetap indah komposisinya.

Batik Mantyasih Magelang merupakan jenis kain batik cap yang menggunakan bahan dari kain mori primisima dan sutera. Batik Mantyasih Magelang dalam pewarnaanya menggunakan bahan dari zat pewarna alam dan sintesis. Batik Mantyasih Magelang merupakan batik cap yang didesain oleh Pak Komar atas permintaan Pemerintah Kota Magelang. Pak Komar merupakan seorang pengusaha batik Nasional yang berasal dari Bandung. Pak Komar sebagai pengusaha batik Nasional sudah menciptakan ribuan motif batik dari berbagai daerah di Indonesia, terutama di daerah Kota Magelang.

Atas permintaan dari Pemerintah Kota Magelang yang masih awam 60 mengenai dunia perbatikan, Pak Komar telah menciptakan 125 motif yang mengangkat tema nama-nama kampung dan peninggalan artefak bersejarah yang ada di Kota Magelang, termasuk Motif Batik Mantyasih ini. Dalam hal ini Pak Komar hanya berlaku sebagai orang yang diminta Tim dari Dinaskonperindag untuk membuat desain Motif Batik khas Magelang saja, terkait dengan filosofi dari tiap-tiap motif yang dibuat tetap Tim Dinaskonperindag sendiri yang memberikan narasi.

Source Batik Mantyasih Magelang Batik
Comments
Loading...