Batik Manis Antikuno, Kekinian untuk Musim Panas

0 30

Batik Manis Antikuno, Kekinian untuk Musim Panas

Sebagai warisan Nusantara, kain batik terus mengalami inovasi. Salah satunya sebagai busana musim panas.

Batik yang kebanyakan digunakan untuk busana formal dapat diolah menjadi lebih kasual. Desainer yang mencoba berinovasi itu adalah Dibya Adipranata Hody.

Hasilnya, batik jadi lebih kekinian. Dibya pun berani memakai warna-warna batik pada umumnya yang lebih banyak menggunakan warna-warna alam.

Dalam koleksinya kali ini, dia memilih warna yang berani dan cerah sehingga menampilkan kesan fun.

’’Saya memilih warna merah marun, light grey, dan kuning yang khas dengan gaya summer,’’ kata Dibya.

Untuk motifnya, dia memilih motif batik kawung dengan geometrinya yang khas. Ada juga motif batik Bojonegoro yang banyak menggambarkan kehidupan pertanian yang subur dan sangat segar dipandang.

Dalam koleksinya bertajuk Summer Batik itu, dia juga berinovasi membuat beberapa atasan yang bisa di-mixed n match dengan bawahan berbahan jins. Kesan lebih kasual, chic, dan edgy pun terpancar kuat.

Misalnya, dua busana yang terdiri atas crop top tanpa lengan dengan cutting A-line. Atasan itu dapat dikombinasikan dengan hot pants atau skirt berbahan jins.

Berikutnya, busana warna kuning berpotongan H-line mampu digabungkan dengan kulot warna batik serupa. Dibya juga menambahkan bell sleve di bagian lengannya.

Busana tersebut bisa dikenakan pada pesta-pesta outdoor atau menghadiri acara-acara nonformal lainnya.

’’Apalagi, suhu udara di Surabaya masih panas-panasnya. Maka, saya agak membuat terbuka pada bagian lengannya,’’ jelas desainer dan juga pendiri Interim Clotching itu.

Elissa, salah seorang model yang mencoba sendiri baju batik bertema musim panas itu, sungguh tertarik. Bagi dia, jika batik dikreasikan dengan beberapa cutting yang modern, tentu sangat pas dipakai anak muda.

Terlebih dengan warna-warna cerah.

’’Busana juga dapat di-mix n match. Saya berencana mengombinasikannya dengan celana jins,’’ ungkapnya.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/entertainment/lifestyle/12/07/2016/batik-manis-antikuno-kekinian-untuk-musim-panas
Comments
Loading...