Batik Manado

0 1.336

Batik Manado dan Penjelasannya

Batik merupakan identitas budaya bangsa Indonesia sudah diakui oleh dunia yang harus penting untuk terus dilestarikan. Batik juga merupakan potensi ekonomi yang potensial untuk diberdayakan karena dari potensi pembuatan batik dapat membuka lapangan pekerjaan. Begitu pula batik di Manado yang masih potensial untuk dikembangkan. Karena masyarakatnya yang sangat dinamis, terbuka dan bahkan sangat menghargai nilai estetika di bidang sandang. Diharapkan masyarakat manado untuk mengembangkan potensi batik karena batik tidak sekadar untuk mengangkat nilai dan tradisi kebudayaan bangsa, tapi juga batik bisa memberikan nilai ekonomis sehingga dapat mengangkat kesejahteraan masyarakatnya. Kain batik Manado sendiri kini merupakan  karya terbaru Kota Manado terutama karya di bidang kebudayaan. Pada umumnya Corak ditampilkan melalui batik ini, umumnya corak yang menunjukkan jati diri Kota Manado. Ada 3 corak terkenal yang sering ditampilkan pada batik Manado :
1. Pertama adalah corak motif lilin sebagai simbol kota Manado dan rumah-rumah ibadah merupakan simbol kehidupan masyarakat yang rukun dalam kepelbagaian. 
2. Kedua adalah Corak motif coral reef dan sea shell, corak ini menggambarkan kekayaan sumber daya alam, terutama lagi potensi bahari di pesisir laut Manado yang terkenal dengan keragaman hayati yang tinggi, serta motif coelacanth sebagai ikon kota Manado.
3. Ketiga adalah Corak batik Manado terdapat garis zig-zag yang berarti kehidupan masyarakatnya yang semangat dan penuh dinamik. Selain itu, garis zig-zag juga mengilustrasikan Manado sebagai kota pantai. Juga ditambah dengan bentuk geometri persegi yang memberi arti keteraturan, logis, dan aman bagi warga dan kehidupan di Kota.
Source Batik Manado Corak Batik Manado
Comments
Loading...