Batik Malefo Ternate Luncurkan Motif Terbaru

0 20

Batik Malefo Ternate Luncurkan Motif Terbaru

Memperingati Hari Batik Nasional, Batik Malefo Maluku meluncurkan produk baru. Tiga motif diluncurkan dalam kesempatan kali ini yakni pala, cengkeh dan pohon kelapa.

Peluncuran produk baru tersebut dilakukan oleh Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman. Peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober benar-benar dijadikan momentum oleh pengelola Batik Malefo sebagai brand  baru batik di Maluku.

“Momentum hari batik nasional ini diselenggarakan oleh Dekranasda sekaligus menggunakan brand baru dengan nama Batik Malefo,” kata Pengusaha Batik Malefo, Hasnia Ishak di Ternate.

Dengan tiga motif yang diluncurkan tersebut, saat ini sudah ada 10 corak yang bisa diproduksi oleh Batik Malefo. Corak  tersebut merupakan hasil kombinasi dari motif-motif yang dimiliki.

“Untuk motif terbaru sendiri ada tiga dengan corak palah dan cengkeh, dan untuk pewarna sendiri kita menggunakan pewarna alami dan ke depannya kita terus menggunakan pewarna alami,” kata Hasina.

Selain itu, momen hari batik nasional ini mendorong para pengrajin semakin bersemangat kendati kebanyakan orang menganggap pembuatan batik itu cukup rumit dan susah.

Penggunaan bahan-bahan alami adalah, karena menurutnya, bahan-bahan alami seperti daun pala, cengke, jeruk dan lainnya itu membuat pakaian awet dan tahan lama. Selain itu, tekstur kainnya lebih lembut dan pewarnaanya sangat alami, sehingga ini menjadi terobosan tersendiri dalam dunia batik.

“Saya maunya yang alami-alami saja, karena pakaian ini yang mau dipakai adalah masyarakat sehingga harus lakukan yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Kadisperindag Kota Ternate, Nuryadin Rachman mengatakan, saat ini sudah memfasilitasi pemasaran batik lokal Maluku. Seluruh produk industry kecil dan  menengah ditampung di sentra kerajinan yang disiapkan. 

Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2017/10/batik-malefo-ternate-luncurkan-motif-terbaru.html
Comments
Loading...