Batik Malang Siap Hadapi Pasar Bebas 2015

0 131

Batik Malang Siap Hadapi Pasar Bebas 2015

Memasuki era perdagangan bebas yang akan diterapkan mulai tahun 2015, sejumlah produsen lokal mulai mempersiapkan diri. Salah satunya Batik Celaket khas Malang. Sentra batik yang terletak di Kecamatan Klojen ini siap menghadapi era perdagangan bebas.

Sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia, perkembangan batik Celaket cukup bagus. Sehingga Batik ini mampu bersaing di era perdagangan bebas.

Batik Celaket Malang tidak hanya diminati warga lokal saja, namun juga diekspor hingga ke Benua Eropa. Motif batik yang paling banyak dicari adalah Batik Singo. Meningat Malang identik dengan Arema dengan logo kepala singa. Meski Batik Singo banyak diminati, tetapi motif batik lain juga dibuat dengan mengikuti perkembangan fashion sehingga Batik Celaket banyak disukai banyak orang baik dari kalangan dewasa dan kaum muda juga.

Agar batik tetap eksis, sentra batik ini berharap pemerintah bisa memberikan perlindungan pada batik produk lokal khususnya yang belum mampu bersaing di pasar Asia. “Meski saat ini belum ada proteksi dari pemerintah, tetapi Batik Celaket akan tetap berinovasi agar tetap eksis menjadi produk unggulan Kota Malang,” tandas Hanan salah satu pemilik sentra batik ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, saat ini pihaknya terus berupaya membantu promosi produk lokal.

Source http://beritajatim.com/ http://beritajatim.com/ekonomi/219851/batik_malang_siap_hadapi_pasar_bebas_2015.html
Comments
Loading...