Batik Majalengka Mulai Diminati

0 24

Batik Majalengka Mulai Diminati

Keberadaan batik Majalengka mulai banyak dilirik oleh pecinta batik dari luar daerah. Adanya motif khas Majalengka disinyalir menjadi daya tarik tersendiri Batik Majalengka dari batik daerah lainnya. Hal tersebut nampak dari besarnya permintaan batik Majalengka dari berbagai daerah yang mencapai angka ratusan potong/bulan. Setidaknya ada lima motif yang kental dengan Kabupaten Majalengka, yakni motif Simbar Kencana, Gedong Gincu, Kota Angin,Nyi Rambut Kasih, dan batik motif Lauk Ngibing.

Adanya peran serta warga Majalengka yang berada di luar daerah, dinilai memiliki peran penting dalam penyebaran batik Majalengka. “Beberapa bulan terakhir, permintaan batik Majalengka mengalami peningkatan cukup signifikan. Sekarang ini, permintaan batik mencapai angka 500 potong per bulan, baik itu dalam bentuk baju ataupun kain,” kata pengrajin batik Majalengka,Heru Suhersono.

Batik dengan Motif Nyi Rambut Kasih dan Kota Angin merupakan batik yang paling besar diminati. Nyi Rambut Kasih, lebih halus. Adapun Kota Angin, nampak lebih gagah,maskulin. Selain dalam bentuk baju, batik khas Majalengka juga tersedia dalam bentuk kaos. Hal tersebut untuk mengikuti selera pasar yang ada.“Kebanyakan masyarakat, memandang batik itu sebagai sebuah pakaian yang formal bahkan kolot. Kami membuat terobosan dengan membuat batik kaos.

Source http://batikmajalengka.blogspot.co.id/ http://batikmajalengka.blogspot.co.id/2011/10/batik-majalengka-mulai-diminati.html
Comments
Loading...