Batik Majalengka Motif Nyi Rambut Kasih

0 212

Jawa Barat memiliki sebuah Kabupaten yang dikenal dengan sebutan kota angin, yaitu Kota Majalengka. Beberapa tahun terakhir ini seni batik mulai berkembang dengan pesat dan telah memiliki ragam motif batik yang cukup banyak. Beberapa motif baju batik yang berasal dari daerah ini adalah motif batik Nyi Rambut Kasih. Berbagai motif batik yang memperlihatkan ciri khas dari kota Majalengka ini dan juga merupakan motif batik asli yang di produksi dan juga dibuat oleh masyarakat daerah ini.

Motif Nyi Rambut Kasih

Motif Nyi Rambut Kasih diambil dari nama salah satu tokoh sejarah Kota Majalengka. Corak Nyi rambut Kasih memiliki keunikan dan kelembutan sendiri, bahannya lebih halus dan elegant.

Digambarkan dengan motif; seorang wanita berparas cantik, tegar dan segar, dengan rambut panjang yang menjalar ke berbagai arah, dihiasi oleh taburan bunga melati dengan disisipkan 3 (tiga) simbol daun cinta.

Melambangkan keuletan, kesabaran dan kesadaran masyarkat serta Pemerintah Majalengka dalam bahu-membahu bersama-sama untuk membangun daerah, dengan landasan hati tulus – iklas, penuh dengan rasa tanggung jawab, didukung dengan rasa solidaritas yang tinggi, rasa cinta kasih yang dalam, selaras dan berkesinambungan (tanpa diskriminasi serta interversi).

Motif batik  Nyi Rambut Kasih termasuk motif batik ciptaan Herry Suhersono telah mendapatkan perlindungan hak kekayaan intelektual. Selain membuat batik, Herry juga terkadang menggabungkan batik dengan bordir, sehingga menghasilkan Batik Majalengka yang unik, bagus, menarik, dan artistik.

Source Batik Majalengka Motif Nyi Rambut Kasih Motif Batik
Comments
Loading...