Batik Majalengka Motif Mangga Gedong Gincu

0 367

Kota Majalengka yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat,yang sudah mempunyai ikon batik yaitu batik khas Majalengka. Majalengka mempunyai keinginan untuk mengembangkan batik yang menunjukkan ciri atau identitas budaya lokalnya yang khas. Budaya batik di Majalengka ini dipelopori oleh Hery Suhersono, seorang seniman bordir. Beliau menciptakan batik Majalengka terinspirasi pada keadaan alam seperti hewan dan tumbuhan, artefak-artefak sejarah, kultur, potensi daerah, serta cerita rakyat ataupun legenda yang hidup di kalangan masyarakat Majalengka. Hal itu tertuang dalam motif batik yang menggambarkan budaya lokal Majalengka. Salah satu motif batik yang diciptakan adalah Motif Mangga Gedong Gincu.

Motif Buah Gedong Gincu

Motif Buah Gedong Gincu perlambang sebuah pengharapan yang besar dari pengharapan pemerintah Majalengka, agar tetap selalu diberi karunia alam yang subur, sehingga terus bisa eksis bertani (berkebun) dan diharapkan tumbuh subur berbagai pepohonan, khususnya pohon mangga gedong gincu, yang merupakan salah satu unggulan dari hasil bumi Majalengka bagian dari penunjang tumbuh berkembangnya ekonomi kerakyatan di bidang argo, demi mewujudkan cita-cita bersama; Majalengka yang Religius, Maju dan Sejahtera.

Digambarkan dengan motif buah gedong gincu yang bergaris lingkaran tiga buah. Sedang gambar (motif) yang berbentuk sayap, ukel, akar dan garis kotak (empat persegi panjang) melambangkan dengan tekad bulat masyarakat Majalengka berserta pemerintah yang terus menerus berkesinambungan, tak kenal lelah (tak kenal putus asa), tak berpamrih untuk terus berjalan, bergerak dalam menegakkan cita-cita luhur bersama tersebut dengan pondasi Iman, Islam, dan Ihsan.

Source Batik Majalengka Motif Mangga Gedong Gincu Batik Majalengka Motif
Comments
Loading...