Batik Majalengka Motif Lauk Ngibing

0 152

Motif Lauk Ngibing

Batik Majalengka Motif Lauk Ngibing dibuat sebagai perlambang rasa syukur yang dalam kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan karunia-Nya yang telah banyak melimpahkan kepada masyarakat dan pemerintah Majalengka, yang salah satunya adalah bahwa di Majalengka memiliki berbagai potensi perikanan yang baik, berdaya guna dan berhasil guna masyarakat Majalengka. Aset daerah yang dapat dibanggakan, dapat dirasakan manfaatnya bagi kepentingan, keuntungan segenap masyarakat dan pemerintah Majalengka.

Melambangkan pula masyarakat dan pemerintahan Majalengka yang dinamis, berprinsip, berdedikasi, berprestasi, bergerak terus untuk berkembang (maju) bersatu padu dalam kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita luhur, serta menjunjung harkat dan martabat kemanusian.

Motif ikan yang berjumlah 5 yang sedang menari mengelilingi bunga mekar berbentuk lingkaran, perlambang ; konsekuensi, tanggung jawab yang kuat dari masyarakat dan pemerintah Majalengka dalam berbangsa, bernegara, beragama (Islam) yang berkonsep dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sedang “ikan” itu perlambang kemandirian, kemapanan, kuat pendirian (tidak mudah menyerah dan putus asa). Begitupun gambar (motif) air yang segar dan bening melambangkan atau menunjukan bahwa masyarakat dan pemerintah Majalengka selalu menjaga atau memelihara kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan.

Pemerintah Majalengka  sekarang kini dikabarkan semakin giat menyelenggarakan pelatihan-pelatihan keterampilan membatik bagi masyarakatnya yang berminat untuk mempelajari dan terjun ke bisnis batik. Anak-anak sekolah dan PNS kabupaten majalengka juga diwajibkan menggunakan batik khas Majalengka.

Source Batik Majalengka Motif Lauk Ngibing Motif
Comments
Loading...