Batik Majalengka Motif Angin

0 174

Motif Angin

Batik Motif Angin melambangkan kuatnya hembusan doa yang dipanjatkan kehadirat Allah SWT, oleh segenap masyarakat dan pemerintah Majalengka. Doa yang dipanjatkan tiada henti dari 8 arah mata angin, tak kenal ruang dan waktu, bagaikan angin Majalengka yang bertiup kencang, tak kenal waktu dan musim.

Demi terwujud maksud dan tujuan (cita-cita bersama), “Gemah Ripah Repeh Rapih Sindangkasih Sugih Mukti Kartaraharja”. Angin majalengka perlambambang penolak bala dan motif 8 (delapan) penjuru mata angin melambangkan : kekuatan, keperkasaan, kewibawaan, keteguhan, ketegaran, ketangguhan, kesigapan, dan keberanian masyarakat dan pemerintah Majalengka dalam berkeputusan, mengambil langkah-langkah jitu.

Masyarakat masih memandang batik itu sebagai sebuah pakaian yang formal bahkan kolot. Batik Majalengka tidak hanya menyediakan batik dalam model yang tradisional, tetapi juga bisa ditemukan dalam berbagi macam, diantaranya kaos, taplak dan beberapa aksesories lainnya. Meskipun belum terkenal seperti batik yang lainnya namun keberadaan Batik Majalengka mulai banyak dilirik oleh pecinta batik dari luar daerah. Keberadannya bisa menjadi daya tarik dan kebangaan tersendiri, khusunya bagi warga Kota Angin tersebut. Sentra pembuatan batik Majalengka berada di Desa Enggalwangi, Kecamatan Palasah, Majalengka

Pemakaian batik mencerminkan bagaimana kecintaan kita terhadap batik secara nasional. Keberadaan batik saat ini tidak lagi digolongkan sebagai mode yang ketinggalan zaman. Batik yang ada saat ini, mampu mengikuti trend mode yang ada karena beragamnya motif yang ada.

Source Batik Majalengka Motif Angin Batik Majalengka Motif
Comments
Loading...