Batik Mago Batik Kaum Muda Bogor

0 61

Batik Mago Batik Kaum Muda Bogor

Kreatifitas dan inovasi dari masyarakat Kota Bogor memang tidak ada akan ada habisnya, seperti yang dilakukan wanita asal kelahiran Surabaya ini yaitu Fransisca Halim. Berawal dari hobinya di dunia seni batik pada bidang gelas, kini dirinya menuangkan seni batiknya lewat Seni Batik pada alas kain. Berdiri pada tahun 2011, awalnya Ibu Fransisca ini hanya membuka untuk membatik dan memberi pelatihan pada masyarakat umum yang ingin belajar membatik, seperti pensiunan, anak muda yang ingin belajar dan lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu seni batik khas Bogor ini, ia mantapkan menjadi bisnis di bidang fashion, karena banyak order yang awalnya bermula dari pesanan teman-teman terdekatnya. Menjadikan dirinya mantap membuka gallery Seni Batik Khas Bogor yang di beri nama “Batik Mago” yang berarti “Magnolio Figo”, bahasa latin yang berarti cempaka mulia, dengan berdasarkan filosofi tersebut diharapkan bidang usaha ini menjadi sebuah kemuliaan dan bermanfaat bagi semua orang.

Selain batik tulis, cap, lukis serta batik tumpuk, batik Mago sangat memperhatikan bentuk desain serta motif yang mengangkat budaya dan kehidupan yang ada di Kota Bogor ini. Hal ini dapat dilihat dari motif-motif kain yang di buat oleh Batik Mago ini. Dimana setiap desain dan motifnya mengandung filosofi yang diambil dari keadaan di Kota Bogor. Ada filosofi pewarnaan dari cara makan orang sunda jaman dahulu dengan cara di kepal, adapun desai batik warna-warni yang menjelaskan bahwa Bogor ini terdiri dari berbagai macam suku. Dengan tema batik klasik Mago Batik ingin memberikan kesan yang berbeda daripada batik lainnya dengan tujuan ingin batik menjadi disukai oleh semua kalangan terutama anak muda.

Jenis motif yang ditawarkan bertema dan berfilosofi seperti bunga bangkai, tanaman obat yang berbeda dengan batik Bogor lainnya. Motif yang ditawarkan untuk 1 motif dibuat hanya untuk 1 kain, jadi setiap motifnya memberikan kesan limited edition. Dalam sehari Batik Mago dapat membuat 7-10 kain batik, kain batik  yang ditawarkan berjenis katun prima, prayon dan lain-lain. Untuk saat ini pemasaran melalui teman ke teman, pameran dan online, dan beberapa permintaan designer. Keunggulan dari Batik Mago sendiri fashionnable casual dengan tujuan kaum muda, sumber daya manusia yang asli Kota Bogor, dan terakhir ada beberapa produk dari limbah.

Ibu Fransisca berharap ke depannya supaya Batik Mago ini lebih berkembang, dan sdm orang lokal asli Bogor yang tentunya masih muda agar dapat melestarikan budaya Batik Khas Bogor ini,  keinginannya pun memiliki satu tempat workshop yang besar, yang dapat menampung banyak orang dan banyak pembatik, agar dapat menjadi sebuah kampung batik yang khas dari Kota Bogor, supaya bisa memperkenalkan dan menjadi salah satu tujuan wisata untuk memperkenalkan batik Bogor lebih maju.

Source http://jendeladesamagz.com/ http://jendeladesamagz.com/2016/11/batik-mago/
Comments
Loading...