Batik Magelang nAnom

0 346

Batik Magelang nAnom

Galeri Batik nAnom Magelang menyediakan batik tulis maupun cap dengan motif-motif ciri khas Magelang. Dengan aneka motif klasik maupun modern serta pewarnaan yang alami tanpa meninggalkan nuansa dan jiwa etniknya. Saat ini batik menjadi pakaian yang digemari baik wanita maupun pria. Kreatifitas motif dan pewarnaan telah menjadikan batik dapat dipadu padankan dengan aneka jenis kain lainnya serta dengan berbagai macam mode dan gaya busana.

Batik nAnom Magelang yang beralamat Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Dengan dilatar belakangi oleh keinginan untuk memberdayakan tetangga, terutama ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu senggang atau tidak mempunyai pekerjaan. Dibentuklah suatu kelompok usaha yang memberdayakan potensi ibu-ibu rumah tangga, remaja serta masyarakat sekitar untuk berkreasi dan berinovasi dalam kegiatan yang mampu meningkatkan perekonomian keluarga serta kesejahteraannya, sekaligus juga ikut serta dalam melestarikan budaya warisan leluhur bangsa.

Motif kreasi dari Batik nAnom Magelang baik tulis maupun cap, mengangkat “tetenger”, ikon, serta budaya khas yang dikreasikan secara kontemporer sehingga menambah daya tarik pesona produk budaya khas Magelang. Gethuk dengan aneka modifikasi klasikal serta bagian-bagian tanaman ketela pohon, Tower atau lebih dikenal dengan Menara Air sebagai bangunan kuno yang menghiasai aloon-aloon Kota Magelang adalah tetenger Kota Magelang, Simbol Pakuning Tanah Jawa, bunga kanthil, burung kepodhang, buah pala, bayam, serta *jago” menghiasi motif rejeng, kawung, sekar jagad, ataupun kreasi motif lainnya tanpa meninggalkan nuansa dan jiwa etniknya.

Bahan pewarna yang dipakai, selain pewarnaan sintetis, pewarnaan lebih terfokus pada pewarnaan alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai pewarna alam. Pewarnaan alam dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri, antara lain dari daun mangga, mengkudu, mahoni, indigo viera, kunyit, dan yang lainnya sehingga didapat warna-warna natural.

Batik nAnom Magelang telah berkembang cukup pesat yang dapat di lihat dengan masih berproduksinya sampai sekarang. Dalam perkembangannya kuantitas dan kualitas telah menjadi alternatif pilihan masyarakat berskala nasional.

Source Batik Magelang nAnom Batik
Comments
Loading...