Batik Madura Mendung Pecah Biru Cerah

0 197

Batik Madura Mendung Pecah Biru Cerah

Batik sendiri ternyata bukan dimiliki oleh Jawa saja. Melainkan juga di Madura yang sudah pasti berbeda suku jika dibandingkan dengan Jawa. Dimana batik khas Madura memiliki corak dan ciri khas yangbegitu berbeda.

Batik Madura merupakan salah satu kain batik yang sedang populer saat ini.  Senibudaya batik khas Madura sendiri diperkirakan telah masuk semenjaktahun 1293, dan terus berlanjut sampai abad ke-17. Kini Kerajaan Sumenep yang ada di pulau garam sebagai nama lain Madura dipimpin Ario Prabuwinoko. Melalui Adipati inilah, kain Batik Madura sendiri telah diperkenalkan sebagaibentuk warisan leluhur dengan karakter berbeda dibandingkan batikkhas suku Jawa.

Batik Madura dengan corak mendung pecah berwarna biru yang cerah inimenyajikan sebuah warna cerah biru langit di selembar katun yang halus dan menawan. Belum lagi variasi pinggiran dari motif bunga yang memiliki dasar motif berupa mendung pecah termasuk kreasi batik khas Madura kontemporer.

Batik khas Madura dibanderol dengan harga jual yang mahal dan tentunya sangat wajar, karena proses pewarnaannya membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi warna yang digunakan memakai pewarna alami misalnya mengkudu dan saga.

Source https://storify.com/ https://storify.com/batikuniq/filosofi-warna-batikmadura-dan-pilihan-kain-batik-
Comments
Loading...