Batik Madura di Mata Pengrajin: Batik Adalah Ungkapan Rasa

0 142

Batik Madura di Mata Pengrajin: Batik Adalah Ungkapan Rasa

Batik Madura tersohor tak terbatas di daerah Madura saja tetapi merambah ke kota-kota hingga ke mancanegara. Tersohornya batik dari pulau garam ini tak lepas dari peran perajin batik dalam menciptakan batik dengan motif yang eksotis dengan kualitas terbaik.

Selain peran aktif pengrajin, peran masyarakat Madura rantau pun tak bisa dikesampingkan. Di kota Jakarta, misalkan, sering dijumpai perempuan-perempuan Madura menggunakan batik Madura. Begitupun kaum lelaki Madura. Bagi mereka, batik merupakan identitas budaya yang harus tetap terjaga meski jauh dari tanah asalnya.

Dalam sebuah pameran Batik di Jakarta, Narantau Madura berkesempatan bertemu Marinten yang saat itu mewakili Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Provinsi Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, Marinten berkisah bagaimana awalnya ia berkenalan dengan batik Madura.

Meski bukan lahir dan tumbuh sebagai orang Madura, kecintaan Marinten pada batik Madura sangat besar. Apalagi setelah suaminya meninggal, batik menjadi caranya untuk menumpahkan semua rasa yang tak bisa dia ungkapkan.

Ia mencontohkan, ia pernah membuat batik Bulan Purnama. Saat itu ia sedang bahagia bersama suaminya sehingga motif dan warnanya jadi cerah. Tetapi belakangan setelah suaminya meninggal, motif dan warna batik yang ia buat berubah.

Source http://narantau.com http://narantau.com/batik-madura-di-mata-pengrajin-batik-adalah-ungkapan-rasa/
Comments
Loading...