Batik Madura Beras Tumpah Warna Biru Tosca

0 400

Batik Madura Beras Tumpah Warna Biru Tosca

Berdasarkan etimologi kain “batik” diadopsi berdasarkan bahasa Jawayakni “amba” artinya menulis serta “nitik” merujuk ke dalampembuatan corak, lalu diaplikasikan melalui media kain. Akan tetapi, batik sendiri ternyata bukan dimiliki oleh Jawa saja. Melainkan jugadi Madura yang sudah pasti berbeda suku jika dibandingkan dengan Jawa. Dimana batik khas Madura memiliki corak dan ciri khas yang begitu berbeda.

Batik Madura merupakan salah satu kain batik yang sedang populer saat ini.  Senibudaya batik khas Madura sendiri diperkirakan telah masuk semenjak tahun 1293, dan terus berlanjut sampai abad ke-17. Kini Kerajaan Sumenep yang ada di pulau garam sebagai nama lain Madura dipimpin Ario Prabuwinoko. Melalui Adipati inilah, kain Batik Madura sendiri telah di perkenalkan sebagai bentuk warisan leluhur dengan karakter berbeda dibandingkan batik khas suku Jawa.

Salah satu produk dari Batik Madura adalah Batik Madura dengan corak Beras Tumpah berwarna biru tosca. Kain batik yang dihiasi oleh bunga berwarna-warni yang cerah juga menawan. Dengan memandang kecantikan warna birunya ini tentu sangat menyejukkan di mata. Dengan memakai kain batik khas Madura bercorak beras tumpah ini diharapkan bisa memperoleh rezeki melimpah. Dimana filosofi dari motif batik ini memang rezeki yang melimpah. Coraknya yang unik dan mengandung makna yang mendalam menjadikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen pencinta Batik Madura ini.

Source https://storify.com/ https://storify.com/batikuniq/filosofi-warna-batikmadura-dan-pilihan-kain-batik-
Comments
Loading...