Batik Madura 3 Dimensi

0 580

Batik Madura 3 Dimensi

Setaip daerah di Indonesia memiliki kerajinan batik dengan ciri khas masing-masing. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh lingkungan dan karakter masyarakat setempat yang pada akhirnya akan memiliki pengaruh besar pada hasil akhir dari batikan. Batik termasuk karya seni terapan dua dimensi, tapi seiring dengan perkembangan waktu, teknik membatik mulai berkembang dan salah satu hasilnya adalah batik tiga dimensi.

Kota Madura memiliki budaya yang lain yaitu batik. Batik Madura termasuk batik pesisiran. Coraknya lebih pada corak flora dan fauna. Berkaitan dengan batik 3D, tiga dimensi yang dimaksud adalah pada hasil pewarnaannya. Batik 3D proses membatiknya dua kali, dan pewarnaan tiga kali atau lebih. Dalam batik tiga dimensi, faktor pewarnaan menjadi amat penting dan menuntut kecermatan. Tidak semua perajin batik bisa mengerjakannya. Batik Madura dikenal dengan warna-warnanya yang mencolok mata. Pada batik 3D, terdapat 4 hingga 5 warna sekaligus dalam satu kain. Warna-warna terang seperti kuning, merah, hijau, biru, orange, ataupun ungu. Dalam selembar kain, bisa muncul warna yang kontras, yang tidak mungkin ditemukan pada kain batik pedalaman ataupun pesisiran di Jawa.

Motif flora digambarkan seperti dedaunan, dan bunga-bungaan. Sedangkan motif fauna digambarkan seperti kepala, sayap dan ekor ayam. Penggabungan antara motif flora dan fauna juga sering dilakukan. Motif flora dan fauna terawat dengan baik, dikarenakan para perajin batik ini secara turun-temurun bermukim di kawasan pertanian. Masih terawatnya motif batik Madura yang lekat dengan flora dan fauna, boleh jadi karena budaya warisan leluhurnya. Indikasinya, lembaran batik tulis ini digarap oleh sebuah keluarga besar Batik 3D sangat ekspresif dibanding batik Jawa pada umumnya. Teknik coletan lebih banyak digunakan. Mungkin terlalu ekspresifnya malah tampak kasar atau tidak rapi mencoletnya, karena itulah karakter batik Madura.

Batik yang menggunakan efek 3 dimensi ini merupakan perpaduan 2 lapis pola yang berbeda. Lapis pertama yang langsung kelihatan mata adalah red triangles dengan bunga-bunga di setiap sudutnya. Lapis kedua yang ada di bawahnya adalah pola daun-daun hitam & bintik putih. Motif yang sangat simple namun artistik. Batik 3D ini terlihat eksotik saat diaplikasikan menjadi sebuah busana ataupun gaun. Ciri khas Batik Madura dapat dilihat dari 2 hal, yaitu warna dan motif. Dari motif dapat dilihat dari banyaknya tarikan garis pada satu desain Batik. Ciri khas lainnya adalah banyaknya garis yang terpampang dalam satu desainnya. Tiap desain batik tersebut pun memiliki cerita masing-masing yang menggambarkan keseharian rakyat Madura. Dengan pewarnaan yang tajam dan didominasi dengan warna hitam dan merah yang kuat.

Selain dari daerah Madura yang memiliki batik 3D, ada beberapa daerah lain juga memproduksi batik 3D, misalnya daerah Malang dan Cirebon. Batik 3D ini termasuk batik 3D kontemporer. Salah satu contohnya adalah perpaduan antara motif flora dan motif spiderman dengan warna dasar merah. Batik ini berasal dari daerah Malang.

Source Batik Madura 3 Dimensi Batik
Comments
Loading...