Batik Macan Ali

0 249

Batik Macan Ali

Masuknya batik ke dalam industri modern saat ini menuntut para produsen batik untuk dapat mengikuti perkembangan zaman yang sesuai dengan perkembangan mode dan tuntutan pasar. Perkembangan batik dari tahun ke tahun semakin menunjukkan dinamika yang beragam. Jika dulunya penggunaan batik sangat dibatasi dan hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan dan kraton tetapi sekarang ini batik dengan maraknya digunakan oleh khalayak umum dalam kehidupan sehari-hari.

Batik Macan Ali ini cukup memiliki kesamaan yang hampir serupa dengan batik Banjar Balong. Keduanya memiliki tipe motif yang hampir sama yang secara keseluruhannya memberikan satu-kesatuan pola batik yang indah. Filosofi dan nilai dari batik ini pun juga hampir sama dimana keberadaan pohon hayat sebagai simbolisme penyeimbang dan penghubung yang perlu dijaga. Keberadaan hubungan secara vertikal antara batin kita dengan TuhanNya dan keberadaan hubungan secara horizontal batin kita dengan alam semesta dan lingkungannya.

Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, sudah menjadi kewajiban kita untuk dapat melestarikan karya seni Indonesia terutama kain batik. Dalam upaya melestarikan tersebut ada banyak cara seperti menggunakan batik, memperkenalkan batik, dan mempelajari proses pembuatan batik, dan lain-lain agar warisan nusantara agar tidak di klaim oleh negara lain. Batik memiliki fungsi utama sebagai pakaian tidak hanya terbatas pada itu saja, melainkan bisa menjadi media pengetahuan dan pembelajaran bagi kita semua.

Source Batik Macan Ali Batik
Comments
Loading...