Batik Lurik

0 177

Batik Lurik

Dalam kebudayaan yang ada di setiap daerah pakaian memiliki peran yang sangat penting dalam kebudayaan masing-masing suku. Berbagai jenis pakaian daerah yang indah telah membuat kebudayaan Indonesia sangat kaya. Batik sebagai salah satu budaya bangsa Indonesia yang berasal dari daerah Jawa merupakan salah satu ciri dari pakaian yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, bahkan karena tingginya minat masyarakat akan batik, saat ini pembuatan batik tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Jawa. Beberapa daerah di luar Pulau Jawa telah memiliki motif batik yang menjadi ciri khusus daerah mereka sendiri. Salah satu batik yang cukup terkenal di pulau Jawa dan juga seluruh wilayah Indonesia adalah kain Batik Lurik.

Batik Lurik awalnya adalah selembar kain batik yang dibuat untuk menjadi bentuk sehelai kain selendang yang memiliki kegunaan sebagai kemben atau penutup dada bagi wanita. Selain itu kain lurik juga sering dipakai sebagai kain yang dipakai untuk menggendong anak bayi, yang menimbulkan sebutan kain lurik gendong. Motif batik lurik ini adalah motif batik yang sudah sangat lama ada, salah satu buktinya adalah dapat kita temukan gambaran orang yang sedang menenun dengan alat tenun gendong.

Ada juga temuan lain yang berasal dari daerah Jawa Timur yang memberikan informasi bahwa kain Tuluh Watu adalah salah satu nama kain Lurik. Informasi ini ditemukan pada prasasti Raja Erlangga yang pernah berkuasa di daerah Jawa Timur. Motif baju batik lurik ini merupakan motif batik yang sangat sederhana dan memiliki jenis warna yang terbatas yaitu warna hitam atau warna putih, dan bisa juga merupakan gabungan dari dua warna tersebut. Bahan dasar kain Batik Lurik ini pada zaman dahulu adalah berasal dari benang yang berasal dari tumbuhan perdu yang memiliki warna hitam atau putih.

Source Batik Lurik Batik
Comments
Loading...