Batik Lumbung Asli Bondowoso

0 140

Batik Lumbung Asli Bondowoso

Di Bondowoso ada sebuah dusun pusat pengrajin batik tradisional yang dikenal Batik Lumbung, dengan berbagai motif menarik asli Bondowoso. Dinamakan Batik Lumbung karena daerah Dusun Lumbung Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Bondowoso, merupakan lumbung atau sentra pengrajin batik asli Kota Tape. Daerah ini memperkenalkan beberapa motif yang saat ini ramai dipesan para konsumen. Beberpa motif tersebut diantaranya, Motif Daun Singkong, Motif Strawberry, serta Motif Macadamia. Dimana motif batik tersebut asli khas Bondowoso.

Proses pembuatan pada Batik Lumbung hampir sama dengan pengrajin batik tulis pada umumnya. Mulai dari proses sketsa, membatik dengan malan dan canting, pemberian warna, sampai proses pelurutan sisa membatik. Kelebihan Batik Lumbung Tamanan Bondowoso di banding batik tulis lain terletak pada proses yang lebih cepat, karena penguatan warna dengan racikan water glos yang berbeda dari tempat lainnya.

Meski memiliki banyak kelebihan dan nilai seni yang tinggi, sampai saat ini masih kurang mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah Bondowoso. Salah satu pengrajin Batik Lumbung berharap agar Pemerintah Bondowoso dapat memberikan bantuan untuk kemajuan usaha kerajinan batik tulis miliknya.

Harga Batik Lumbung dibanderol dengan cukup murah. Untuk bahan sutra berkisar RP 1 juta, sedangkan untuk kain biasa hanya Rp 200 ribu per potong. Pemasaran Batik Lumbung sampai tahun 2014 sudah mencapai pasar nasional seperti Surabaya, Jakarta dan kota besar lain di Indonesia. Pemasaran Batik Lumbung juga sudah menembus pasar internasional, seperti Singapura dan Malaysia

Source Batik Lumbung Asli Bondowoso Batik
Comments
Loading...