Batik Lumajang Mulai Diminati Negara Luar

0 112

Batik Lumajang Mulai Diminati Negara Luar

Siapa yang tidak kenal dengan kecantikan corak dan motif dari Batik Lumajang. Batik yang berasal dari Kabupaten Lumajang yang memiliki khas tersendiri dan memiliki magnet itu perlahan-lahan mulai diminati banyak orang bukan hanya oleh orang Lumajang saja maupun kabupaten tetangga, tetapi juga sudah merembet ke manca negara.

Pada setiap peringatan Hari Batik Nasional batik yang ditetapkan oleh UNESCO (2/9/2009) sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity (Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi), Lumajang perlu membaca peluang agar batik Kota Pisang ini lebih dikenal hingga ke manca negara. “Karena motif yang khas inilah yang membuat orang luar menyukai batik Lumajang. Informasi yang kita terima dari Duta Mahasiswa asal Lumajang di Thailand, mereka menyukai batik asal Lumajang,” kata Kahumas Pemkab Lumajang, Azis.

Seperti yang diketahui, Batik Lumajang penuh sekali dengan corak dan motif yang unik, punya khasnya tersendiri, memiliki sejarah lokal penuh simbol-simbol tetentu yang dipakai sejak beberapa abad silam. Dalam sejarahnya, batik secara umum di Indonesia diyakini sudah eksis sejak zaman Majapahit. Batik itu semakin populer sekitar abad XVIII atau awal abad XIX, bahkan sampai awal abad XX. Pada abad itu corak batiknya masih batik tulis. Baru setelah perang dunia I (sekitar tahun 1920) mulai dikenal batik cap.

Source https://www.memo-x.com/ https://www.memo-x.com/67953/batik-lumajang-mulai-diminati-negara-luar.html
Comments
Loading...