Batik Liman Kembar Jiwo

0 101

Batik Liman Kembar Jiwo

Ide dasar dalam pembuatan Batik Liman Kembar Jiwo terinpirasi dari relief Lalitavistara. Relief Lalitavistara menggambarkan hidup sang Budha Gautama dimulai pada saat dewa disurga. Motif utama pada Motif Liman Kembar Jiwo adalah gajah yang saling bercermin. Hewan gajah ini digambarkan dengan bentuk belai melengkung kedalam, mempunyai gading yang pendek, dan diberikan tambahan beruapa kain pelana. Motif gajah digambar dalam jumlah banyak secara bercermin dan disusun berjajar berulangulang (repetition) sehingga menghasilkan suatu irama.

Terdapat 2 motif tambahan pada batik ini yang pertama Motif Pohon Bodhi yang merupakan stilasi dari pohon Bodhi yang tergambar di dinding no 90-110 menceritakan bahwa pohon semacam itulah Sang Budha Gautama mendapatkan ilham atau wahyu perihal suatu agama yang kemudian tersebar sebagai agama Budha. Motif ini disusun membentuk belah ketupat pohon ini distilasi dengan bentuk pangkal pohon yang melengkung dan memiliki empat pohon besar. Di atas pohon tersebut terdapat ranting menyerupai suluran. Dan motif tambahan yang kedua adalah Motif Mandala berupa stilasi dari mandala. Mandala kiranya dapat dianggap sebagai suatu mikrokosmos, suatu replika kecil belaka. Motif mandala ini digambar dengan dua tingkatan dengan ukuran besar dan kecil. Pada mandala tersebut terdapat sebuah lingkaran dan terdapat titik-titik mengikuti lingkaran tersebut.

Pola Batik Liman Kembar Jiwo

Batik ini menggunakan pola berpotongan, susunan pola tersebut dibuat dengan sistem menyilang dan menggunakan teknik pengulangan (Repetition) sehingga bentuk penerapan motifnya mendapatkan hasil yang sama, saling keterkaitan antara wujud dan posisi yang sama.

Warna Batik Liman kembar Jiwo

Warna yang digunakan Batik Liman Kembar Jiwo terdiri dari warna biru tua dan coklat. Warna biru tua diterapkan pada latar batik (Background) dan kain pelana, warna coklat tua diterapkan pada tubuh gajah dan pohon, dan warna putih diletakkan pada garis soga atau klowong.

Makna Batik Liman Kembar Jiwo

Makna dari Batik Liman Kembar Jiwo sebagai berikut

  • Gajah bercermin memiliki ari selalu bercermin dalam artian selalu berintropeksi diri.
  • Pohon memiliki arti lambang kesuburan.
  • Mandala memiliki arti harmonisasi antara alam dan makhluk. Secara keseluruhan batik Liman Kembar jiwo memiliki makna manusia yang bijaksana selalu bercermin diri dan berinstropeksi.
Source Batik Liman Kembar Jiwo Batik
Comments
Loading...