Batik Leungli Khas Sukabumi

0 222
Kota Sukabumi termasuk daerah yang kerajinan batiknya masih tergolong baru, karena Batik Kota Sukabumi baru diresmikan pada hari Jumat 26 Desember 2008 di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi bila di bandingkan dengan batik–batik Pekalongan atau batik Yogyakarta yang sudah terlebih dahulu terkenal. Kota Sukabumi meresmikan motif-motif baru yang berasal dari ciri khas Sukabumi beberapa tahun terakhir menunjukkan eksistensinya dalam pengembangan batik agar batik Sukabumi banyak dikenal oleh masyarakat seluruh Indonesia maupun luar negeri.

Batik Leungli

Batik Leungli merupakan batik yang dibuat dari inspirasi dongeng sunda Leungli. Si Leungli adalah dongeng rakyat sunda dari Jawa Barat. Dongeng ini bercerita tentang persahabatan antara gadis bungsu yang malang dan teraniaya dengan ikan mas ajaib bernama Leungli yang selalu menghibur dan membantu si bungsu dari perlakuan buruk oleh kakak-kakak perempuannya dikarenakan gadis bungsu tersebut adalah anak tiri dari pernikahan orang tuanya. Si Gadis bungsu adalah anak yang rajin, baik hati, jujur, penyabar dan rendah hati. Sedangkan saudara-saudaranya yang pemalas atau selalu menyuruhnya mengerjakan pekerjaan rumah. Suatu hari si bungsu pergi ketepi sungai dan menangis, tiba-tiba muncullah seekor ikan mas yang bersisik emas ajaibnya ikan tersebut dapat berbicara, sejak dari situlah si bungsu dan leungli bersahaba baik dan leungli selalu menghibur disaat si bungsu sedang merasa sedih.

Filosofi dari batik Leungli adalah suatu sifat kebaikan dan kerendahan hati pada akhirnya akan mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan, meskipun dalam setiap kehidupan harus melewati banyak sekali ujian yang tidak menyenangkan. Begitupun sebaliknya suatu hal buruk hanya akan menghasilkan lelah tanpa mendapatkan apapun dari perbuatannya.

Source Batik Leungli Khas Sukabumi Filosofi
Comments
Loading...