Batik Lereng Wilis Rambah Mancanegara

0 38

Batik Lereng Wilis Rambah Mancanegara

Batik yang merupakan salah satu karya dari sejumlah anak muda di Lereng Gunung Wilis, tepatnya Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, kini tak bisa dianggap sebelah mata. Batik yang bercorak khas Nganjuk itu, ini sudah merambah pasar mancanegara. Saat ini, para perajin batik tersebut tengah mengerjakan pesanan untuk dikirim ke Malaysia. Batik khas Lereng Wilis itu hasil karya sejumlah anak muda masyarakat Kecamatan Ngetos Nganjuk. Batik yang diproduksi, kebanyakan bermotif khas Nganjuk.

“Kami lakukan semata untuk mengangkat budaya batik Nganjuk,” cetus Aris Trio Efendi perajin batik sekaligus pengasuh kerajinan batik, di Ngetos. Ia menyatakan hasil produk batik itu sudah tembus pasar mancanegara, selain juga pasar domestik.

Aris bertekad melestarikan budaya batik, karena batik merupakan warisan budaya leluhur bangsa yang telah diakui oleh Unesco salah satu bidang yang menangani masalah kebudayaan pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ia bercerita, awalnya, hanya dia sendiri yang membatik. Lalu kemampuan itu ditularkannya ke teman-temannya, dengan harapan mereka juga tertarik menekuni batik tulis tersebut.

Pada awalnya tidak banyak teman Aris yang tertarik belajar membatik. Tetapi setelah Aris memberikan sejumlah pemahaman, lambat laun, mereka akhirnya tertarik dan mulai menekunin pembuatan batik. Kini para pemuda Lereng Gunung Wilis ini sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan dengan menekuni batik tulis tersebut. Batik yang dihasilkan berbeda dengan batik Solo maupun Yogjakarta, kini mulai diburu penggemar batik dari mancanegara.

Source Batik Lereng Wilis Rambah Mancanegara Batik
Comments
Loading...