Batik Layar Meretas Khas Kubu Raya

0 536

Batik Layar Meretas Khas Kubu Raya

Sudah ada sekitar lima Motif Batik Layar Meretas yang kita kembangkan bersama tim. Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mengembangkan Motif Batik Layar Meretas yang menjadi ciri khas batik kabupaten tersebut untuk menarik wisatawan berkunjung ke sana. “Hingga saat ini sudah ada sekitar lima Motif Batik Layar Meretas yang kita kembangkan bersama tim yang terdiri atas pegawai dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) dan unsur masyarakat kreatif Kubu Raya,” kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Budparpora Kubu Raya, Busri Ismail. Menurut Busri, kelima variasi Motif Batik Layar Meretas tersebut mewakili lima unsur suku terbesar yang ada di Kubu Raya.

Motif Batik Kubu Raya tersebut mewakili unsur keragaman budaya yang ada di kabupaten itu. Rancangan ini diharapkan dapat dijadikan bahan inventaris aset kebudayaan dan menjadi cinderamata untuk dibawa pulang para wisatawan. “Ini merupakan hasil kerja yang tergabung dalam tim perancang desain Batik Kubu Raya, mereka juga mewakili semua unsur etnis yang ada di Kubu Raya,” katanya,

Proses perancangan desain Batik Khas Kubu Raya dilakukan selama tiga bulan dan lebih fokus dikuatkan pada aspek sejarah Kubu Raya, potensi sumber alam dan keragaman etnis di dalamnya terdapat khas unsur Melayu, Jawa, Madura, Dayak, dan China. Proses penyempurnaan desain batik karya bersama khas Kubu Raya itu akhirnya disepakati dan diperkuat dengan masukan serta saran dari tim perumusan.

Source Batik Layar Meretas Khas Kubu Raya Batik
Comments
Loading...