Batik Larang Eneng Khas Garut

0 472

Batik Larang Eneng Khas Garut

Motif-motif Batik Garut dihadirkan berbentuk geometrik sebagai ciri khas ragam hiasnya, selain itu bermotif flora dan fauna. Bentuk geometrik umumnya mengarah ke garis diagonal dan bentuk kawung atau belah ketupat. Warnanya didominasi oleh warna krem dipadukan dengan warna-warna cerah lainnya yang merupakan karakteristik khas Batik Garutan. Didominasi warna dasar krem atau gading (gadingan), biru, dan soga agak merah. Saat ini pengolahan batik garutan terkonsentrasi di Garut kota.

Untuk pakaian tradisional Sunda untuk kaum wanita, para pemakainya biasa dilengkapi dengan ronce binga melati di bagian belakang sanggul, riasan khas Sunda Siger, dan kain batik sebagai aksesoris tambahan.

Sebagai bagian utama dari pakaian tradisional, pemakaian kain batik itu tidak bisa sembarangan. Menurut catatan sejarah, kain batik yang digunakan itu adalah kain batik khas Garut, Jawa Barat. Mereka menamakannya Batik Lereng Eneng.

Batik Lereng Eneng tampil dengan motif yang bergaya geometris. Sekilas motif batik itu mirip dengan Motif Kawung khas Solo dan Yogyakarta. Batik Lereng Eneng kadang dilengkapi dengan desain gambar belah ketupat. Batik Lereng Eneng, Garut juga tercatat melahirkan beberapa motif lain, seperti turih oncom, merak ngibing, rereng apel, dan kawung ece. Konon, motif-motif tersebut justru menjadi embrio lahirnya motif Larang eneng.

Larang Eneng menurut catatan sejarah lahir sejaman dengan motif-motif seperti lereng udang, suliga ukel, sintung, cupat manggu, siku seling, kumeli bunga, adumanis, patah tebu, rereng calung, barong kembang, ayakan, angkin, atau limar.

Source Batik Larang Eneng Khas Garut Batik
Comments
Loading...