Batik Lamongan Motif Slempang

0 144

Batik Lamongan Motif Slempang

Batik merupakan salah satu hasil karya dari leluhur bangsa Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kesenian batik ini sangat berkaitan erat dengan kerjaan majapahit dan perkembangan agama islam di Pulau Jawa. Perkembangan batik tidak hanya di Pulau Jawa. Tetapi, batik menyebar dan berkembang sampai seluruh Indonesia. Perkembangan batik tersebut menghasilkan motif dan corak baru di setiap daerah. Sehingga, tidak heran kalau setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan corak yang berbeda-beda. Salah satu motif batik yang saat ini cukup terkenal adalah motif batik yang berasal dari Lamongan.

Kabupaten Lamongan mempunyai cukup banyak motif dan corak yang biasa disebut dengan Batik Sendang. Dinamakan Batik Sendang karena sentra Batik Lamongan trdapat di desa Sendang. Maka dari itu disebut motif batik sendang. Motif batik sendang dibuat dengan berbagai goresan gambar yang dianggap sebagai seni budaya warisan dari leluhur. Goresan gambar batik sendang mempunyai detail yang cukup rumit dan kecil. Sehingga, para pengrajin Batik Sendang ini dituntut untuk mempunyai kesabaran, keuletan, dan ketelatenan.

Ciri khas dari Batik Sendang Lamongan salah satunya adalah Motif Slempang. Motif Slempang ini di dominasi dengan warna merah, hitam, putih dan coklat yang sesuai dengan ciri kahas Batik Sendang. Gambar dalam motif slempang ini berbentuk bunga dan kupu-kupu yang menggambarkan bahwa Desa Sendang terletak di daerah pegunungan.

Source https://www.duniaq.com/ https://www.duniaq.com/inilah-5-motif-batik-sendang-lamongan/
Comments
Loading...