Batik Lamongan Motif Paten

0 224

Batik Lamongan Motif Paten

Kabupaten Lamongan memiliki beragam macam batik mulai dari batik sablon, batik cap, dan batik tulis, yang biasa disebut dengan Batik Sendang. Batik Tulis Sendang merupakan karya seni original yang bernilai tinggi. Dikerjakan oleh tenaga terampil dengan desain pilihan yang masih asli dengan unsur budaya lokal. Dahulu corak atau kreasi ukiran batik yang khas seperti daun-daunan, karena di desa Sendang Lamongan adalah daerah pegunungan yang asri banyak jenis pohon dan menjadi daya tarik seniman batik sebagai corak khas Batik Sendang ini.  Motif batik sendang dibuat dengan berbagai goresan gambar yang dianggap sebagai seni budaya warisan dari leluhur.

Warisan dari leluhur ini berawal dari zaman Dewi Tilarsih istri dari Raden Noer Rochmat yang dikenal dengan sebutan sunan sendang. Dalam sejarah batik sendang, Dewi Tilarsih dianggap sebagai pelopor munculnya batik sendang yang masih dikenal sampai sekarang. Goresan gambar batik sendang mempunyai detail yang cukup rumit dan kecil. Sehingga, para pengrajin batik sendang ini dituntut untuk mempunyai kesabaran, keuletan, dan ketelatenan. Ciri khas Batik Sendang Lamongan salah satunya adalah Motif Paten.

Sesuai dengan warna khas Batik Sendang, Motif Paten ini didominasi dengan warna hitam dan coklat. Gambar dari motif paten ini berbentuk kupu-kupu dan bunga kecik-kecil yang menjadikan motif paten ini terlihat jauh lebih indah dan menarik.

Source https://www.duniaq.com/ https://www.duniaq.com/inilah-5-motif-batik-sendang-lamongan/
Comments
Loading...