Batik Lamandau Dipatenkan

0 234

Batik Lamandau Dipatenkan

Batik  merupakan salah satu hasil kekayaan intelektual asli Indonesia yang saat ini sudah diakui oleh dunia. Seperti yang diketahui, batik sudah diakui UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009, sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Sementara itu, kabar gembira datang dari Lamandau. Ternyata Motif Batik khas Lamandau kebanyakan yang membuat oleh ibu-ibu PKK saat ini sudah dipatenkan dan didaftarkan sebagai hasil kekayaan intelektual masyarakat Lamandau yang tercatat di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) RI.

Untuk semua Motif Batik khas yang ada di Kalimantan ini, baru Lamandau yang telah mendaftarkan sebagai hak cipta dan telah dipatenkan resmi. “Terobosan ini merupakan salah satu kelebihan dari batik Lamandau dibanding batik daerah lain di Kalimantan saat ini,” kata Maria.

Dengan dipatenkannya Motif Batik Lamandau juga sebagai upaya untuk melindungi, melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di Kabupaten Lamandau. Adapun Motif Batik khas Lamandau yang telah dipatenkan dengan proses yang memakan waktu selama enam bulan tersebut hingga saat ini setidaknya ada sembilanmotif. Meliputi, Motif Poti Tiga Anyaman, Pemucu Robung, Pemata Punai, Buah Tabiku, Mata Kail, Kora Becampung, Karibang Barunsu, Bigi Paria dan Anyaman Batang Padi.

Lebih dari itu, Maria berharap dengan telah dipatenkannya motif-motif batik khas Lamandau tersebut maka bagi semua pihak yang akan memakai motif tersebut untuk mendapatan keuntungan harus meminta izin dan persetujuan terlebih dahulu.

Source Batik Lamandau Dipatenkan Batik
Comments
Loading...