Batik Kutawaru Cilacap

0 273

Batik Kutawaru Cilacap

Batik Kutawaru yang berasal dari daerah Cilacap memiliki beberapa kekhasan motif yang tak dimiliki oleh sentra batik lainnya. Ini dipengaruhi oleh letak Kutawaru yang berimpitan dengan laut dan Segara Anakan di sisi selatan, serta pegunungan di sisi sebaliknya. Warna dasar kain yang sedikit gelap, antara hitam, cokelat, dan abu-abu menggambarkan masa konfrontasi dan pemulihan.

Warna gelap itu kontras dengan warna motif yang menyembul tegas, dengan warna-warna kuat dan cerah. Para seniman Batik Tulis Kontemporer Kutawaru, Cilacap menerjemahkan kekayaan dan keindahan laut dan Segara Anakan dengan Motif Mangrove, kawasan Laguna Segara Anakan yang akrab dengan penduduk. Berbagai jenis mangrove, mulai dari api-api, bakau hingga cancang terabadikan dalam lembaran kain batik.

Laguna Segara Anakan, adalah tempat berkembangbiak ikan, udang dan kepiting yang menjamin masa depan nelayan. Dengan segala potensinya, Segara Anakan masa kini, berpotensi menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Cilacap. Rupanya, para seniman Batik Tulis Cilacap tak melupakan potensi pertanian di daerahnya. Sukun, yakni buah khas pesisir menjadi salah satu motif andalan. Daun-daunnya yang lebar berimpang berpadu indah dengan buah sukun yang bulat oval.

Ada pula Motif Waru, sejenis tumbuhan berkayu ulet yang banyak ditemui di pinggiran sungai. Sama dengan daerah penghasilnya, Kutawaru, yang jika diterjemahkan bebas, berarti kota dan waru. Sebuah daerah dengan banyak pohon waru.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/3171223/hikayat-perang-bajak-laut-dan-prajurit-mataram-di-batik-cilacap?source=search
Comments
Loading...