Batik Kuno Memeriahkan Hari Kebangkitan Nasional

0 180

Batik Kuno Memeriahkan Hari Kebangkitan Nasional

Pada moment Hari Kebangkitan Nasional yang diperingatin setiap tanggal 20 Mei Kota Bandung menggelar pameran batik kuno dari beberapa daerah di tanah Pasundan. Satu diantara batik yang dipamerkan adalah Batik Banyak Angrem, batik tulis halus dari Cirebon milik Yeyen Komar. Batik tersebut dibuat pada tahun 1860. Selain Batik Banyak Angrem, ada juga Batik Kembang Sulur dari Tasikmalaya yang dibuat pada tahun 1940. Beberapa batik lainnya dari Tasikmalaya adalah batik dengan motif Cendrawasih dan Bango Rawa.

Menurut Sendy Dede Yusuf selaku Ketua Umum Yayasan Batik Jawa Barat mengatakan semua batik yang dipamerkan berasal dari Cirebon, Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut. Kesemua batik tersebut berusia ratusan tahun, bahkan ada yang berusia 150 tahun.

Motif Batik Kuno tersebut merupakan motif ciri khas dari daerah masing-masing. Sangat berbeda dengan batik yang dibuat saat ini, baik dari segi bahan maupun teknik pembuatannya. Batik kuno bahannya sangat halus dan dingin, teknik pembuatannya sangat rapi dan luar biasa. Kebanyakan kainnya berlatar putih bersih dan tidak ada sisa bahan lilin. Istri dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, berharap agar kini para perajin batik bisa membuat batik dengan motif-motif kuno. Selain utnuk melestarikan warisan leluhur, juga bisa membuka peluang bisnis, tentunya dengan ditambahkan inovasi dan kreativitas baru.

Source http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/ik/ http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/iknews/batik-kuno-memeriahkan-hari-kebangkitan-nasional/
Comments
Loading...