Batik Kuno Bupati Pamekasan, Mengantarkan Gadis Ini Jadi Juara Desain Batik Jawa Timur 2019

0 65

Menggunakan konsep salah satu batik kuno milik Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, mengantarkan salah seorang pengrajin batik asal Dusun Timur Gunung Desa Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan menjadi juara desain batik Jawa Timur. Khairul Bariyah mahasiswa IAIN Madura ini memang rajin mengikuti lomba desain batik yang digelar Disperindag Jawa Timur sejak tahun 2013.

“Saya ikut lomba desain batik Disperindag Jatim ini sejak tahun 2013. Tahun 2013 dan 2014 juara harapan, 2015 sampai 2017 masuk nominasi saja, 2018 tidak masuk. Tahun 2019 alhamdulillah juara harapan 1,” jelas Ririn sapaan akrabnya.

Keberanian Ririn mengikuti lomba desain tahun ini adalah sebagai ajang untuk terus melatih keterampilan membatik yang ditekuni bersama seluruh keluarganya. “Lomba kali ini tidak ada kategori, harus bersaing dengan para senior profesional pengrajin batik se Jawa Timur. Saya anggap sebagai ajang berlatih untuk berkarya. Jadi kaget waktu diumumkan jadi juara,” tuturnya dengan senyum.

Batik motif Kon Sokon yang dibuat Ririn pada lomba tersebut terinspirasi dari motif batik kuno milik Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang dibuat ulang beberapa waktu lalu untuk bupati.“Saya konsultasi sama emak waktu mau ikut lomba, motif apa yang mau dibuat. Akhirnya pilihan jatuh pada batiknya pak bupati,” ungkap Ririn.

Filosofi motif batik Kon Sokon karya Ririn yaitu memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan dasar batik yang berbentuk kotak silang di dalamnya bermakna keseimbangan, keyakinan, persatuan dan harapan. Dua garis yang bertemu menyimbolkan hubungan atau pertemanan.

“Terima kasih Bupati Pamekasan Ra Baddrut Tamam, motif batik bapak telah mengantar saya menjadi juara di tingkat Jawa Timur,” ucap Ririn. Kedepan Ririn ingin terus berlatih dan berkarya untuk menambah koleksi batik Pamekasan.

“Saya harus lebih percaya diri untuk terus berkarya menambah khazanah batik Pamekasan, dan yang penting juga untuk menopang perekonomian keluarga dan biaya kuliah,” pungkasnya.

Source https://www.suaraindonesia.co.id https://www.suaraindonesia.co.id/read/6640/20190522/110426/batik-kuno-bupati-pamekasan-mengantarkan-gadis-ini-jadi-juara-desain-batik-jawa-timur-2019#!-_-
Comments
Loading...