Batik Kuningan Motif Rereng Pwah Aci

0 140

Batik Paseban adalah julukan batik yang berasal dari Kabupaten Kuningan yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dari dalam atau luar negeri. Selain untuk menambah devisa negara, hal juga berperan untuk memperkenalkan budaya bangsa pada mancanegara, serta membuktikan bahwa budaya Indonesia layak menjadi kebanggaan negeri dan tidak kalah dengan budaya lain. Motif-motif batik Paseban yang sangat diminati mancanegara salah satunya adalah Motif Rereng Pwah Aci.

Seperti yang diketahui, batik menurut teknik pembuatannya dibagi atas batik tulis dan cap. Batik Paseban menggunakan teknik tulis yang menggunakan malam dan canting. Proses membuatnya melalui berbagai tahap mulai dari persiapan kain, pembersihan kain, penggambaran pola, rengreng untuk memperjelas garis pada pola batik, blok warna menggunakan malam, pewarnaan atau pencelupan menggunakan bahan pewarna serta garam untuk memperkuatnya, pelepasan lilin, pembersihan batik, dan penjemuran.

Ciri khas batik Kuningan terletak pada tarikan garis yang kuat pada motifnya. Keunikan lain nampak pada motif yang besar tanpa isen-isen dengan warna gelap seperti itam, biru tua, dan merah hati. Dengan ciri khas yang dimilikinya tersebut, dijadikanlah sebagai motif khas batik Kuningan.

Motif Rereng Pwah Aci

Rereng Pwah Aci merupakan gambaran sosok perempuan Sunda yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan kehidupan pribadi, keluarga dan sosial. Perempuan Sunda adalah sosok yang kuat, teguh, memiliki peranan penting dan mampu berkarya sepanjang hidupnya. Pada masa pra-Islam, Sri Pohaci dikenal sebagai dewi padi.

Source Batik Kuningan Motif Rereng Pwah Aci Batik Kuningan Motif
Comments
Loading...