Batik Kuningan Motif Oyod Mingmang

0 210

Batik Kuningan

Batik Kuningan memiliki ciri khas batik yang terletak pada tarikan garis yang kuat pada motifnya. Keunikan lain nampak pada motif yang besar tanpa isen-isen dengan warna gelap seperti itam, biru tua, dan merah hati.

Selain Desa Cigugur terdapat pula desa yang menjadi sentra pembuatan batik Kuningan yaitu Desa Cikubangsari, Kecamatan Kramatmulya. Di sana dapat ditemui beragam motif batik yang tidak kalah unik dan menarik. Keunikan yang khas dari kearifan budaya lokal Sunda yang dituangkan dalam beragam motif batik.

Kabupaten Kuningan memiliki keberagaman budaya, sejarah dan ciri khas daerah yang sudah lebih dulu dikenal, salah satunya motif batik Oyod Mingmang dan menjadi nilai tambah dari batik ini adalah lebih dari sekedar motif dalam kain tetapi juga mengandung unsur filosofis.

Motif Oyod Mingmang

Motif batik Oyod Mingmang yang merupakan sebuah motif batik yang memperlihatkan bentuk rangkaian akar yang saling memiliki kaitan satu sama lain sehingga menjadi sebuah kesatuan yang utuh dan memperlihatkan kekuatan dari sebuah persatuan dan juga kesatuan. Makna motif batik ini adalah manusia adalah makhluk yang memiliki pribadi yang berbeda dan juga memiliki budaya dan berasal dari bangsa yang berbeda. Namun perbedaan tersebut bukanlah sebuah alasan untuk saling menyerang dan merusak budaya lain namun dengan persatuan malah akan menjadi sebuah kekuatan yang besar.

Source Batik Kuningan Motif Oyod Mingmang Batik Kuningan
Comments
Loading...