Batik Kuningan Motif Mayang Segara

0 163

Kabupaten Kuningan merupakan sebuah kabupaten yang memiliki budaya yang beragam dan juga memiliki latar belakang sejarah dan memiliki ciri khas yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas seperti kuda Kuningan, ikan dewa, gunung ciremai, dan juga salah satu lokasi bersejarah dalam sejarah Indonesia, yaitu gedung naskah Linggarjati yang menjadi tempat perundingan Belanda dengan Indonesia.

Ciri khas yang dimiliki oleh kabupaten Kuningan ini kemudian diubah menjadi motif batik yang khas dari wilayah ini. Batik yang dibuat di daerah ini selain memiliki motif batik yang indah ternyata juga mengandung unsur filosofis yang terdapat dalam motif baju batik nya. Ratusan motif yang unik dengan filosofi tertentu yang tetap mencirikhaskan Kuningan sudah banyak dibuat. Akhir tahun 2011, beberapa motif batik kuningan diresmikan dari sebuah lomba cipta desain batik kuningan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Seni Daerah (Dekranasda). Batik Kuningan dengan motif baru tersebut salah satunya Motif Mayang Segara.

Motif Mayang Segara

Mayang segara merupakan gambaran keagungan, keindahan samudera yang luas dan dalam sebagai simbol refleksi dari ciptaan Tuhan. Mayang Segara menyiratkan bahwa manusia hendaknya memiliki keluasan hati bagaikan luas dan dalamnya samudera.

Seniman batik yang ada di daerah Kuningan ini telah memiliki motif batik dalam jumlah yang banyak dan telah mencapai jumlah ratusan motif batik yang unik dengan nilai filosofis yang dimiliki oleh masyarakat daerah ini dan menjadikan motif batik Kuningn ini sangat khas dan unik

Source Batik Kuningan Motif Mayang Segara Batik Kuningan Motif
Comments
Loading...