infobatik.id

Batik Kuningan Motif Geger Sunten

0 29

Batik Kuningan Motif Geger Sunten

Batik Kuningan dikenal dengan nama batik Paseban Kuningan. Produksi batik ini berlokasi di daerah Cigugur. Motif-motif tersebut dibuat dan dirancang oleh Pangeran Djatikusumah. Pangeran Djatikusumah melakukan penelusuran batik Paseban yang dianggap punah melalui pendalaman seni yang ditemukan melalui ukir dan relief pada Gedung Paseban. Tujuan dikembangkan Batik Kuningan yaitu untuk mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kuningan. Selain merupakan simbolisasi nilai-nilai budaya lokal (Sunda) yang sudah tertanam sejak lama.

Selain desa Cigugur, terdapat desa lain yang menjadi sentra pembuatan batik Kuningan yaitu di desa Cikubangsari kecamatan Kramatmulya. Di sana dapat ditemui beragam motif batik yang tidak kalah unik dan menarik. Keunikan yang khas dari kearifan budaya lokal Sunda yang dituangkan dalam beragam motif batik. Ratusan motif yang unik dengan filosofi tertentu yang tetap mencirikhaskan Kuningan sudah banyak dibuat.

Salah satu yang dibuat adalah Motif Geger Sunten. Secara filosofis Geger Sunten mengandung makna suatu tempat yang dijadikan sebagai tempat untuk berintrospeksi, berperang, melawan ego diri (perang mandalerang) Geger sunten dapat pula diartikan sebagai benteng pertahanan yang mampu menahan serangan dari luar.

Source https://clubyolla.wordpress.com/ https://clubyolla.wordpress.com/2010/05/21/batik-paseban-cigugur-kuningan-2/
Comments
Loading...