Batik Kulonprogo Motif Gringsing

0 186

Batik Kulonprogo Motif Gringsing

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ibukotanya adalah Wates. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Nama Kulon Progo berarti sebelah barat Sungai Progo (kata kulon dalam Bahasa Jawa artinya barat). Kali Progo membatasi kabupaten ini di sebelah timur.

Sekitar tahun 1980-1990-an banyak wanita yang mencari pekerjaan sebagai buruh di Yogyakarta. Bahkan ada ratusan pekerja wanita yang menjadi buruh batik di perusahaan-perusahaan batik di Kota Yogyakarta. Mereka terutama kaum wanita hanya menjadi buruh atau menjadi pembatik atau tukang jahit di perusahaan konveksi. Sedangkan kaum pria selain menjadi buruh bangunan, ada yang bekerja di perusahaan menjadi tukang cap dan pewarnaan kain batik. Salah satu motif batik yang dibuat oleh para perajin batik di Kulonprogo adalah Motif Gringsing.

Kata Gringsing diambil dari nama sebuah desa di Kabupaten Kulon Progo. Konon motif khusus Gringsing ini telah ada sejak dulu, yaitu melukiskan banyak bulatan dang alar yang bernuansa gurat-guratan. Namun dengan perkembangan yang ada, Motif Gringsing diselaraskan dengan kondisi masyarakat sebagai batik modern.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2016/11/batik-kulon-progo/
Comments
Loading...