Batik Kulonprogo Motif Gelaran

0 189

Batik Kulonprogo Motif Gelaran

Pada tahun 1980-1990-an banyak wanita yang mencari pekerjaan sebagai buruh di Yogyakarta. Bahkan ada ratusan pekerja wanita yang menjadi buruh batik di perusahaan-perusahaan batik di Kota Yogyakarta. Mereka terutama kaum wanita hanya menjadi buruh atau menjadi pembatik atau tukang jahit di perusahaan konveksi. Sedangkan kaum pria selain menjadi buruh bangunan, ada yang bekerja di perusahaan menjadi tukang cap dan pewarnaan kain batik. Saat industri batik di Yogyakarta mulai surut, mereka banyak yang kembali ke rumah atau desa. Tidak banyak yang mereka kerjakan di desa kecuali bertani bagi yang masih punya lahan pertanian.

Namun yang tidak bisa bertani, dengan bekal keahlian saat bekerja pada para juragan batik tersebut, mereka tetap menjadi pembatik di rumah. Namun hasilnya kemudian disetorkan atau dijual kepada pengusaha batik di kota. Salah satu sentra batik di Kulonprogo adalah Desa Gulurejo dan Ngentakrejo Kecamatan Lendah. Desa tersebut terletak di wilayah selatan atau di sebelah barat Sungai Progo yang berbatasan dengan Kabupaten Bantul. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Galaran.

Motif Batik Galaran tersebut berbentuk seperti alas tidir yang terbuat dari bambu. Untuk motif ukel berbentuk seperti setengah bulatan elips, sedangkan motif cecek kawe berbentuk seperti ekor cicak. Selain itu juga terdapat motif merakan. Disebut motif merakan karena merak yang ada dalam gambar batik tersebut merupakn simbol dan juga harapan akan adanya keberuntungan dan kejayaan bagi pemakainya.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2016/11/batik-kulon-progo/
Comments
Loading...