Batik Kudus Rancangan Desainer Denny Wirawan

0 228

Batik Kudus Rancangan Desainer Denny Wirawan

Perkembangan batik saat ini yang semakin diterima oleh semua kalangan di dalam negeri amaupun di luar negeri membuat banyak karya-karya batik bermunculan. Dan salah satu karya batik yang telah muncul ke permukaan adalah Balijava. Balijava sendiri adalah karya batik dan sekaligus label fashion retail milik desainer Denny Wirawan. Dengan mengaplikasikan dan mengusung Batik Kudus, Balijava karya Denny Wirawan ini hadir dalam sentuhan gaya yang modern dan edgy. Berikut karya yang dibuat oelh desainer :

  • Motif Batik Balijava

Motif-motif asli dari Kudus yang sudah diterapkan pada Balijava sendiri terdiri dari beragam motif. Beberapa motif tersebut antara lain Motif Merak Cattleya latar Biji Mentimun, Motif Bunga Parijoto, Motif Merak Njraping (saling menengok) latar Beras Kecer, Motif Taman Teratai latar Galaran Arab, Motif Kaligrafi, Motif Buketan, dan Motif Mbako latar Cengkehan. Palet warna Balijava ini sendiri menggunakan warna yang cenderung gelap, seperti navy blue, olive green, beige, dan hitam untuk menyesuaikan tema musim dingin. Busana siap pakai tersebut terdiri dari atasan, bawahan, dan luaran dengan ekspresi layering sebagai acuan padu padan. Kini Balijava yang menggunakan bahan kain dari Indonesia ini telah dipasarkan dibeberapa temapat ternama seperti di Alun-Alun Grand Indonesia, Sogo Plaza Senayan serta Sogo Pondok Indah Mall, Jakarta.

  • Mengangkat Batik-Kudus Balijava

Batik Kudus yang teraplikasi pada karya Balijava sendiri telah diperkenalkan pada Indofest di Nottingham, London, Inggris pada 7 Juni tahun 2015 yang lalu. Kemudian 3 bulan berikutnya yaitu pada bulan September Balijava kembali diperkenalkan pada acara fashion show Balijava Batik Kudus di Jakarta. Pada perhelatan Indonesia Festival(Indofest) itu sendiri saat itu Denny membawakan 20 koleksi Balijava-Batik Kudus. Pada acara tersebut pula Denny Wirawan juga melakukan photoshoot untuk lookbook dan fashion spread Majalah Harper’s Bazaar pada edisi khusus di bulan Agustus 2015.

  • Percayakan Muse Balijava Pada Atiqah Hasiholan

Untuk mempopulerkan rancangan Balijava-nya ini kepada generasi muda Indonesia, Denny Wirawan mempercayakan muse Balijava kepada artis Atiqah Hasiholan. Atiqah sendiri merasa sangat bangga mengenakan Balijava yang merupakan karya Denny Wirawan ini. Menurutnya, aplikasi Batik Kudus dengan sentuhan yang modern pada Balijava sangat membuatnya nyaman dan percaya diri.

  • Mengajak Mencintai dan Melestarikan Batik Kudus

Tujuan Denny Wirawan merancang koleksi Balijava sendiri adalah untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencintai dan melestarikan Batik Kudus. Motif Batik Kudus yang teraplikasikan pada Balijava memang dikenal sudah sangat langka. Maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa menurut Denny diharuskan melestarikan dan mengembangkan Motif Batik Kudus yang dikenal memiliki motif yang unik dengan ragam pola yang rumit namun tetap halus.

  • Bawa Balijava ke Fashion Gallery New York Fashion Week (FGNYFW) 2016

Setelah sukses di acara Indofest di Nottingham dan pagelaran fashion show Balijava-Batik Kudus di Jakarta, Denny yang bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation terus berjuang memperkenalkan Balijava ke panggung internasional. Bertempat di Fashion Gallery New York Fashion Week (FGNYFW) 2016, koleksi etnik Balijava dan Batik Kudus menyuguhkan sejumlah 15 tampilan dalam musim Fall atau Winter 2016.

Source Batik Kudus Rancangan Desainer Denny Wirawan Batik
Comments
Loading...