Batik Ku, Batik Mu, Batik Indonesia

0 113
Tanggal 02 Oktober merupakan hari batik nasional. Hari itu banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggunakan batik. Nah sobat semua pasti punya batik kan?. Entah itu kain sarung, baju, celana, bahkan mungkin tas atau sejenis lainnya. Tentu saja, kita sebagai masyarakat Indonesia pasti bangga dengan produk asli negara ini. Secara gak sengaja, dengan itu kita ternyata udah ikut melestarikan budaya Indonesia.
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009”.
Ternyata ada beberapa alasan orang-orang menggunakan batik, diantaranya:
  • Bangga menggunakan produk Indonesia
Seluruh dunia tahu bahwa batik hanya ada di Indonesia. Jika seseorang bicara tentang batik, berarti orang tersebut bicara tentang Indonesia. Kepemilikannya juga sudah di akui oleh dunia. Hal itu yang membuat seseorang sangat bangga menggunakan batik. Menggunakan produk asli Indonesia berarti ikut memajukan dan mencintai Indonesia.
  • Melestarikan budaya Indonesia

Dengan ikut menggunakan batik, berarti kita juga ikut melestarikan budaya bangsa. Belum lagi dengan banyaknya masyarakat yang ikut serta menggunakannya. Ini akan menjadikan batik semakin naik daun dan tetap menjadi salah satu budaya Indonesia yang tak akan pernah mati.

  • Terlihat lebih modis
Tak jarang orang-orang besar di negarai ini menggunakan pakaian batik di kesehariannya. Hal itu membuktikan bahwa batik merupakan motif yang banyak diminati. Belum lagi banyak batik-batik modern yang berkembang saat ini. Mereka bilang batik itu “keren”.
  • Harga Bersahabat
Untuk tampil trendy, gak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam. Banyak loh pilihan harganya. Ada yang terbilang murah, sedang dan mahal. Semua tergantung kualitas produknya. Jadi, harganya bersahabat bangetkan! Kita bisa pilih yang mana sesuai kebutuhan.
  • Gak perlu di setrika (katanya)
Source http://www.mungkinblog.com http://www.mungkinblog.com/2012/10/batik-ku-batik-mu-batik-indonesia.html
Comments
Loading...