Batik Kontemporer Lebih Disukai Generasi Milenial

0 277

Batik Kontemporer Lebih Disukai Generasi Milenial

Batik tidak hanya dipakai oleh orang dewasa tapi juga remaja dan anak-anak. Batik kontemporer menjadi jenis batik yang paling disukai orang muda.  Hal itu ditunjukkan dalam penjualan di Pasaraya Jakarta. “Batik dengan motif kontemporer menjadi salah satu jenis yang paling diminati dalam beberapa bulan terakhir,” kata Senior Buyer Pasaraya Liza Wijaya.

Batik kontemporer merupakan modifikasi dari motif batik yang telah ada, seperti gabungan antara motif parang dan klithik atau improvisasi dari motif sekar jagad. Namun, kini batik kontemporer lebih fleksibel mengikuti keinginan masyarakat. Liza juga mengungkapkan peningkatan pesanan batik motif kontemporer di kalangan perancang busana batik. Kini berbagai kalangan, tidak lagi menganggap batik sebagai sandang yang hanya dipakai saat acara formal saja.

Batik kontemporer mulai diminati untuk motif tas, baju casual dan sepatu atau sendal. Selain modelnya yang simpel namun tetap bisa dipakai acara formal dan informal, harganya pun cukup terjangkau. “Di Pasaraya itu ada sekitar 200 pengrajin batik, dari Pekalongan, Solo, Jogja dan lain-lain. Mereka punya koleksi-koleksi batik kontemporer batik print, harganya sekitar Rp. 200 sampai Rp. 300 ribuan, yang banyak beli biasanya anak-anak muda.

Source http://www.kompas.com/
Comments
Loading...