infobatik.id

Batik Kontemporer Khas Medogh Motif Daun Kecil

0 12

Batik Kontemporer Khas Medogh Motif Daun Kecil

Batik Kontemporer sekarang ini menjadi trend baru di tahun 2013. Berbeda dengan batik motif klasik yang mengedepankan sejarah dalam penggunaanya. Motif kontemporer ini merupakan motif batik modern yang saat ini mulai dikembangkan oleh kalangan pengrajin batik. Untuk daerah Yogyakarta, saat ini telah berkembang begitu banyak motif batik kontemporer sebagai ciri khasnya. Salah satu Batik kontemporer khas Medogh adalah Batik Kontemporer Motif Daun Kecil. Perlu diketahui juga bahwa batik kontemporer ini dalam pengguanannya bisa dibolak-balik. Berbeda dengan batik klasik seperti parang, yang harus menyamping cenderung vertical dan motif sidomukti atau sidoluhur yang tidak boleh terbalik.

Penggunaannya yang fleksible membuat batik kontemporerpun semakin digemari. Dengan motif yang bisa dibolak balik, tentunya bisa lebih menghemat penggunaan kain batik. Motif Daun Kecil khas Medogh memiliki banyak varian, terutama dalam segi warna. Terdapat tiga varian warna. Warna dasar coklat dengan daun berwarna-warni tehnik pewarnaan soda seperti pink, hijau, tosca, biru dan ungu. Serta batik warna dasar coklat dengan daun berwarna biru saja. Atau batik dengan warna dasar coklat muda dengan daun berwana putih cream berpendar gradasi coklat.

Teknik pewarnaan batik yang semakin berkembang terus ini membuktikan bahwa Batik Indonesia memiliki kekayaan yang sangat beragam. Selain itu dari yang dulu batik hanya sekedar sebagai pakaian bangsawan, saat ini sudah berkembang kepada masyarakat luas. Desain yang bermunculan akhir-akhir ini juga memiliki kualitas yang patut diperhitungkan, dan gak bisa bersaing ke kancah Internasional.

Source http://www.medogh.com/blog/ http://www.medogh.com/blog/artikel-batik/batik-kontemporer-khas-medogh-batik-cap-motif-daun-kecil/
Comments
Loading...