Batik Khas Tangsel Sudah Tembus ke Pasar Dunia

0 10

Batik Khas Tangsel Sudah Tembus ke Pasar Dunia

Sekitar 100 orang warga maupun pengusaha yang bergerak dalam Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diajak untuk mengembangkan hasil kerajinan batik. Pasalnya, hasil kerajinan batik khas Tangsel sudah tembus ke pasar dunia.

“Upaya untuk mengurangi penggangguran dan kemiskinan salah satunya dengan terus meningkatkan kegiatan wirausaha yang menghasilkan sehingga dapat menambah inkam pendapatan keluarga bahkan pemasukan bagi kas daerah serta nasional,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Warman S kepada wartawan di Pondok Kemangi, Serpong.

Keberadaan kerajinan tekstil khususnya kain khas batik asal Kota Tangsel tentunya harus terus dikembangkan dan disosialisasikan ke masyarkat terlebih yang bergelut dalam bidang wirausaha rumahan. Pasalnya, kerajinan kain batk khas Kota Tangsel belakangan telah tembus ke pasar dunia.

Program yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel salah satunya adalah mendorong wirausaha rumahan untuk meningkatkan dan mampu berdiri sendiri dalam bisnis kain batik khas Tangsel yang semakin potensial di masa mendatang serta tak kalh berasing dengan batik lain di Indonesia, katanya.

Kegiatan pelatihan dan ketrampilan yang dilakukan mentor profesional membuat corak kain batik di Kota Tangsel terhadap wirausaha rumahan jelas sangat diperlukan, ujar Airin Rachmi Diany karena nantinya akan menciptakan hasil kerajinan tangan membatik khas Tangsel yang semakin diminati masyarkat luas.

Sementara itu, Kepala Koperasi dan UKM, Warman S, mengatakan pihaknya memang terus melakukan pembinaan dan pelatihan kepada warga atau pedagang kecil maupun pengusaha yang ada di Kota Tangsel khususunya dalam upaya mengembangkan hasil kerajinan batik khas Tangsel serta melakukan pembekalan pemasaran.

“Ada sekitar 100 UKM yang diberikan pelatihan berkaitan dengan wirausaha batik termasuk dalam pemasaran hasil produksi batiknya,” tuturnya terlebih Kota tangsel memiliki cirri khusus atau khas tersendiri dalam motif batik asal Tangsel yaitu motif Anggrek corak, golok sebagai lambing kebudayaan dan blandongan sebagai lambing Kota tangsel.

Kegiatan wirausaha batik rumahan tentunya perlu memiliki kesabaran dalam menghadapi berbagai kendala yang dihadapi sekarang ini baik pemasaran maupun lainnya, tuturnya termasuk kegiatan atau pelatihan membatik yang dilakukan anggota UKM di Kota Tangsel yang memerlukan waktu cukup lama guna mencari inovasi baru maupun wawasan dalam membatik.

Source http://poskotanews.com http://poskotanews.com/2016/08/26/batik-khas-tangsel-sudah-tembus-ke-pasar-dunia/
Comments
Loading...