Batik Khas Sukoharjo

0 329

Batik Khas Sukoharjo

Kabupaten Sukoharjo memiliki batik khasnya yaitu ada Batik Kelengan dan Batik Soga. Batik Kelengan yang banyak diproduksi di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo menjadi salah satu kain khas yang dimiliki Kota Makmur. Batik dengan warna dasar hitam ini dikreasikan dengan berbagai macam motif dan warna yang membuat kreasi konveksi ini kaya akan koleksi.

Koleksi batik ini pun dijual dalam bentuk kain potongan yang dijual dengan harga Rp. 40 ribu hingga Rp. 125 ribu per potong yang disesuaikan dengan kain bahan dasar batik. Penjualan batik ini tidak terbatas pada kabupaten Sukoharjo saja. Beberapa penjual memasok dan memasarkan dagangannya di Pasar Klewer Solo yang menjadi sentra penjualan batik di kota itu. Selain perajin Batik Kelengan, Sukoharjo juga memiliki pengusaha Batik soga yang menggunakan pewarna alami dalam pewarnaan kain.

Produksi dan penjualan batik di Sukoharjo mengalami peningkatan signifikan sejak 2007 lalu dengan adanya kebijakan untuk mejawibkan para pegawai negeri sipil maupun swasta untuk mengenakan batik sebagai seragam kantor. Kreasi dan inovasi pun terus dikembangkan oleh para perajin seiring berkembangnya zaman dan batik menjadi salah satu sektor industri yang menjanjikan.

Source http://riskisolo.esy.es/ http://riskisolo.esy.es/?p=1
Comments
Loading...