Batik Khas Sukabumi Kurang Promosi

0 217

Batik Khas Sukabumi Kurang Promosi

Batik khas Sukabumi bisa salah satu ikon nasional bukan perkara mudah, apalagi go international. Promosi dan menjaga kualitas adalah dua hal wajib dilakukan para perajin batik di Kota Mochi di tengah keterbatasan modal.

Hal ini diungkapkan wali kota Sukabumi M Muraz ditengah kunjungan di sejumlah stand batik lokal dalam acara Pameran Batik Sukabumi di depan kantor perpustakaan daerah Kota Sukabumi. “Ya keinginan saya para pengusaha batik lokal Sukabumi terus terpopulerkan agar terus terpromosikan produk hasil karya yang dimilikinya,” tutur Muraz.

Dari sisi kualitas, Batik Sukabumi tidak kalah dengan batik-batik yang sudah melegenda di Indonesia. Kota Sukabumi misalnya, memiliki batik khas yang belakangan mulai diperkenalkan kepada dunia fesyen, keunikannya pada warna dan motif.

Motif unik khas Kota Sukabumi saat ini yang cukup populer adalah buah pala, daun kole, ikan koi, kris, dan kujang. Idealnya, ada wadah untuk para pengusaha batik lokasi di kota Sukabumi. Wadah tersebut tak hanya keringan permodalan, tapi juga memikirkan strategi promosi.

Pemerintah daerah (Pemda) selama ini, menurut Muraz, sudah berusaha membantu para pengusaha batik lokal, dengan mengeluarkan kebijakan batik lokal sebagai seragam baik di kalangan pegawai negeri sipil hingga sekolah sampai ke pendidikan anak usia dini.

Upaya Pemerintah setempat untuk melestarikan Batik Sukabumi ini yaitu mewajibkan PNS di Kota Sukabumi mengenakan Batik khas Sukabumi pada hari tertentu. Melakukan pengembangan motif dengan diadakannya lomba desain Batik Sukabumi. Mengadakan pelatihan membatik untuk generasi muda agar mengenal dan mencintai batik.Batik Sukabumi diharapkan akan menembus pangsa pasar nasional bahkan internasional. Selain memiliki kualitas yang bagus juga memiliki motif yang berbeda dengan batik lainnya.

Source Batik Khas Sukabumi Kurang Promosi Batik
Comments
Loading...