Batik Khas Raja Ampat Melihat Lebih Dekat

0 17

Kain batik khas Raja Ampat di provinsi papu barat juga ada keunikan yang belum banyak diketahui wisatawan. salah satunya lukisan di kain. Raja ampat juga punya seni lukis di kain yang dikerjakan bentuk menjadi batik.kenapa harus batik? soalnya batik ini menjadi identitas nasional indonesia. Pada konsepnya sebagaian besarnya raja ampat pariwisata sudah terkenal internasional kekayaan lautnya mencoba menggabungkan untuk wisata yang baru dengan melalui seni di kain lalu membentuk batik.

Kata sekjen asosiasi perajin batik batik raja ampat pada hari kartini. Jelaskan batik khas raja ampat berbeda dengan batik lainnya. Bedanya itu motif atau corak yang gunakan. Corak atau motif yang digunakan batik beranehkah ragam ada corak penyu, terumbu karang, rumput laut manta, ikan, dll. Proses yang berjalan memakan waktu sampai 2 hari. Prosenya pun dilakukan mengunakan tanpa bantuan mesin tapi menggunakan tenaga manusia.

Kain batik yang sudah selesai dengan ukuran 2.5 meter x 2.5 meter harganya sekitar 5 juta menggunakan bahan katun, sedangkan bahan sutera dihargai 8 juta.pada pusat produksi batik khas Raja Ampat juga di pabrik di gedung wanita. Dibina oleh PKK pemerintah kab Raja Ampat karena itu untuk membeli kain batik khas Raja Ampat langsung saja ke lokasi karena belum dijual secara luas. ada juga di grup batik Affutra di facebook.com, jumlah perajin sekitar 20 orang.

Pengrajin tersebut pernah berlajar membatik di perkalongan. Kain batik khas raja ampat belum pernah diekspos batik khas Raja Ampat sudah perkenalkan pada festival raja ampat HUT ke -14 ini pun pertama kali beberapa tahun yang lalu belum perhatikan oleh pemerintah, maka dari itu serius saya juga tahu kendala ini. Kerajinan kain batik Raja Ampat seringkali hanya digunakan acara formal kedaerahan saja.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/batik-khas-raja-ampat-melihat-lebih-dekat
Comments
Loading...