Batik Khas Pamekasan Tak Kalah Hebat Dengan Batik Lainnya

0 19

Batik Khas Pamekasan Tak Kalah Hebat Dengan Batik Lainnya

Pejabat (Pj) Bupati Pamekasan Fattah Jasin menilai karya seni batik khas daerah berslogan Bumi Gerbang Salam tidak kalah hebat dan berkualitas dibandingkan jenis batik lain di Indonesia. Bahkan jenis batik Pamekasan jauh lebih murah dibandingkan jenis batik lain, sekalipun kualitas bahan dan motifnya sangat bisa bersaing.

Dari itu pihaknya berharap agar kedepan ada proses pengembangan demi meningkatkan kualitas batik, khususnya dalam sektor penjualan. Hal ini perlu dimaksimalkan, salah satunya dengan mendorong agar para pembatik memiliki jiwa enterpreneur (berwirausaha) dan tidak hanya menjadi pekerja semata.

Semisal Batik Lasem yang dikenal dengan kualitas mempuni, harganya mencapai Rp 4 juta. Namun di Pamekasan dengan kualitas tidak kalah hebat (seperti kualitas Batik Lasem) hanya dijual dengan harga Rp 1,5 juta. Tidak hanya itu, keberadaan batik khas Pamekasan juga sangat memikat para penikmat batik.

Selain kualitas mempuni, harga jual juga cenderung sangat murah dibandingkan jenis dan motif batik daerah lain. Dari itu sangat penting untuk selalu mempromosikan batik khas Pamekasan ke berbagai daerah di Indonesia. Pada Oktober 2018 mendatang, informasinya bakal ada pagelaran Batik di Yogyakarta. Hal ini jelas menjadi momentum dan Pamekasan sangat perlu berpartisipasi sekaligus mempromosikan batik khas Pamekasan.

Memang dalam beberapa bulan terakhir, motif dan jenis batik khas Pamekasan mulai kembali bergeliat. Salah satunya setelah pasangan Badrut Tamam dan Raja’e (Berbaur) mengenakan batik khas Pamekasan hingga akhirnya ngtrend dengan sebutan ‘Batik Berbaur’ dalam momentum pilkada serentak 2018.

Bahkan para pengrajin hingga para penjual mendapat untung berlipat selama momentum pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten, apalagi jenis batik tersebut sangat diburu oleh pecinta batik. Selain motif menarik, harga jual juga terbilang cukup murah dibandingkan jenis batik lainnya.

Source http://beritajatim.com/ http://beritajatim.com/gaya_hidup/336969/batik_khas_pamekasan_tak_kalah_hebat_dengan_lainnya.html
Comments
Loading...