infobatik.id

Batik Khas Palembang Yang Hampir Punah

0 12

Batik Khas Palembang

Sungguh sangat disayangkan kalau batik malam khas Palembang semakin sulit dijumpai. Bahkan di pasar kain batik di sana juga tak lagi tersedia kain batik malam. Beruntung sekarang ini para pelajar dari SMKN 7 Palembang diberikan aktivitas membatik malam khas Palembang yang ditambahkan ke dalam kurikulum khusus yang ada di sekolah mereka.

Carniawati yang juga Kepala Program Kriya Tekstil SMKN 7 Palembang menyampaikan bahwa jurusan tekstil ini akan menjadi salah satu langkah dalam melestarikan budaya yang merupakan tradisi asli Palembang. Jurusan tersebut ternyata cukup menarik minat para siswa untuk masuk ke jurusan batik. Karena jumlah peminat yang banyak, pihak sekolah lebih selektif dalam memilih siswanya sesuai dengan kompetensi yang mereka pilih.

Beberapa motif khas Palembang yang dibuat diantaranya adalah motif Jembatan Ampera, motif Sur, bunga melur. Ada juga beberapa motif yang terinspirasi ‎dari motif batik Jawa, diantaranya motif Cirebon, Mega Mendung dan lain-lain. Khusus untuk motif Jembatan Ampera merupakan motif yang telah menjadi hak paten SMKN 7 Palembang. Hasil keterampilan dengan nilai terbaik diikutsertakan pada berbagai pameran yang nantinya akan dijual juga. Harga batik malam khas Palembang dipatok dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari tingkat kerumitan dari motif batik yang dibuat.
Source https://goresancanting.blogspot.co.id https://goresancanting.blogspot.co.id
Comments
Loading...